Text
Hubungan antara persepsi siswa tentang kebun sekolah dengan sikap pengelolaan lingkungan sekolah
ABSTRAK
LENNY PRASTIWI. Hubungan antara Persepsi Siswa tentang Kebun Sekolah dengan Sikap Pengelolaan Lingkungan Sekolah. SKRIPSI. Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi. Jurusan Biologi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Jakarta. 2015.
Kebun sekolah merupakan salah satu sarana untuk mengenalkan siswa dengan pendidikan lingkungan. Pendidikan lingkungan melalui kebun sekolah dapat membentuk persepsi siswa sehingga membantu siswa mengembangkan sikap pengelolaan lingkungan sekolah yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang kebun sekolah dengan sikap pengelolaan lingkungan sekolah. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2015 di SMAN 4 Tangerang dan SMAN 5 Tangerang. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif melalui studi korelasional. Pengambilan sampel dilakukan secara simple random sampling sebanyak 214 siswa kelas XI yang sudah pernah menggunakan kebun sekolah sebagai sarana belajar. Hasil uji prasyarat analisis yaitu data penelitian berdistribusi normal dan homogen. Model regresi yang didapat adalah Ŷ = = 19,41 + 0,672X. Koefisien korelasi yang diperoleh adalah 0,715 yang dapat diartikan bahwa terdapat hubungan positif antara persepsi siswa tentang kebun sekolah dengan sikap pengelolaan lingkungan sekolah. Koefisien determinasi yaitu sebesar 51,1%. Hal tersebut dapat diartikan bahwa persepsi siswa tentang kebun sekolah memberikan kontribusi sebesar 51,1% terhadap sikap pengelolaan lingkungan sekolah.
Kata Kunci : Kebun sekolah, lingkungan, persepsi, sikap, siswa.
ABSTRACT
LENNY PRASTIWI. The Correlation between Student’s Perception about School Garden with the Attitude of School Environmental Management. Undergraduate Thesis. Jakarta: Biological Education Study Program. Department of Biology. Faculty of Mathematics and Sciences. State University of Jakarta. 2015.
School garden is one of learning sources to introduce students with environmental education. Environmental education through school garden can form a students’ perception that helps to develop a good atittude of school environmental management. The aim of this study was to find out the correlation between students' perception about school garden with the attitude of school environmental management. This study was conducted in May 2015 at SMAN 4 Tangerang and SMAN 5 Tangerang. This study used quantitative method through correlational studies. Sampling was done by simple random sampling used 214 students of class XI who had been using school garden as a learning sources. The analysis prerequisite test results are normally distributed and homogeneous data. The regression models was Ŷ = 19.41 + 0,672X, and the correlation coefficient was 0.715 which means there was positive correlation between students' perception about the school garden with the attitude of school environmental management. The coefficient of determination was 51.1%. It can be interpreted that students’ perception about school garden contributed 51.1% to the attitude of school environmental management.
Keywords : Attitude, environment, perception, school garden, student.
Bibliografi : lembar 43-45
SS00007015 | SK 7015 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain