Text
Perbedaan habits of mind antara siswa dengan gaya kognitif field independent dan field dependent pada materi pencemaran lingkungan
ABSTRAK
Eunike Septiana. Perbedaan Habits of Mind antara Siswa dengan Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent pada Materi Pencemaran Lingkungan. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi. Jurusan Biologi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan habits of mind antara siswa dengan gaya kognitif field independent dan field dependent pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Jumlah sampel sebanyak 124 siswa kelas X MIA SMAN 99 Jakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling menggunakan rumus Slovin. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah GEFT (Group Embedded Figure Test) untuk menentukan gaya kognitif siswa, kuesioner untuk mengukur habits of mind siswa, dan sebagai data pendukung dilaksanakan observasi selama proses pembelajaran pada materi pencemaran lingkungan . Uji normalitas menggunakan uji KolmogorovSmirnov pada α = 0,05 dan uji homogenitas dengan menggunakan uji Levene pada α = 0,05. Data didapatkan normal dan homogen. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa p>0,05 (0,234 > 0,05) yang artinya tidak terdapat perbedaan skor habits of mind siswa dengan gaya kognitif field independent dan field dependent.
Kata kunci: habits of mind, gaya kognitif, field independent, field dependent
ABSTRACT
Eunike Septiana. The Difference Habits of Mind Between Student with Cognitive Style Field Independent and Field Dependent on Enviromental Study. Undergraduate Thesis. Jakarta: Biology Education Studies. Department of Biology. Faculty of Mathematics and Natural Sciences State University of Jakarta, 2015.
This study aims to determine the difference habits of mind between student with cognitive style field independent and field dependent on environmental study. The research was conducted in the second semester of the academic year of 2014/2015. The samples were 124 students of class X MIA SMAN 99 Jakarta. Sampling was done by simple random sampling technique using Slovin formula. The instrument used in this study is GEFT (Group Embedded Figure Test) to determine the student's cognitive style, questionnaires to measure students' habits of mind, and as supporting data, observation was conducted during class on environmental study. The normality test was taken by the KolmogorovSmirnov test at α = 0.05 and homogeneity was taken by Levene test at α = 0.05. The result showed the data normaly distributed and homogeneous. Hypothesis test results showed that p> 0.05 (0.234> 0.05), which means there is no difference of habits of mind scores between students with cognitive style field independent and field dependent
Keywords: habits of mind, cognitive style, field independent, field dependent
Bibliografi : lembar 45-47
SS00007017 | SK 7017 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain