Text
Hubungan antara persepsi siswa tentang perilaku interpersonal guru dengan hasil belajar biologi siswa (studi korelasional di SMAN 13 Jakarta)
ABSTRAK
DEBORA EVANIA PURBA.Hubungan antara persepsi siswa tentang
perilaku interpersonal guru dengan hasil belajar biologi siswa.Skripsi.
Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta.
2015.
Perilaku interpersonal guru adalah perilaku yang secara spesifik
berhubungan dengan bagaimana guru berinteraksi dengan siswa secara
personal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan
antara persepsi siswa tentang perilaku interpersonal guru dengan hasil
belajar biologi siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari-Juni
2015 di Sekolah Menengah Atas Negeri 13 Jakarta. Metode yang
digunakan adalah metode deskriptif korelasional. Data persepsi siswa
tentang perilaku interpersonal guru didapatkan dengan menggunakan
Questionnaire on Teacher Interaction (QTI). Pengambilan sampel
dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling sebanyak 85
siswa.Data diuji normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov (α= 0,05)
dan uji homogenitas menggunakan uji Bartlett (α= 0,05). Hasil
menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Model
regresi yang di dapat adalah Ŷ = -85,53 + 0,96X.Koefisien korelasi yang
diperoleh adalah 0,76 yang berarti terdapat hubungan positif antara
persepsi siswa tentang perilaku interpersonal guru dengan hasil belajar
biologi siswa.
Kata Kunci: hasil belajar biologi siswa, persepsi siswa, perilaku
interpersonal guru.
Bibliografi : lembar 34-36
SS00007039 | SK 7039 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain