Text
Meningkatkan hasil belajar IPS model cooperative learning tive Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas IV SDN Karet 04 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL COOPERATIVE
LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS IV
SDN KARET 04 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN
2015
Rahmawati
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil
belajar IPS Melalui Model Cooperative Learning tipe Numbered Head
Together (NHT) pada siswa kelas IV SDN Karet 04 Pagi Setiabudi Jakarta
Selatan. Penelitian Tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN Karet 04 Pagi
Setiabudi Jakarta Selatan pada waktu semester II tahun pelajaran
2014/2015. Jenis metodologi penelitian ini adalah model siklus dari Kemmis
and Mc. Taggart, dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu Perencanaan,
Tindakan, Pengamatan, dan Refleksi. Instumen tes, nontes, catatan
lapangan dan dokumentasi berupa foto. Hasil dari penelitian ini adalah
tercapainya target yang telah ditetapkan oleh peneliti yaitu 75% siswa dalam
kelas mengalami peningkatan hasil belajar IPS. Adapun hasil yang telah
dicapai pada siklus I persentase hasil belajar siswa mencapai 60% dan
persentase pemantauan tindakan guru mencapai 80% dan persentase
pemantau tindakan siswa mencapai 73%. Pada siklus II persentase hasil
belajar siswa mencapai 90% dan persentase tindakan guru mencapai 93%
dan persentase pemantau tindakan siswa mencapai 87%. Dengan demikian
tercapailah target yang diharapkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah
dengan menggunakan Model Cooperative Learning tipe Numbered Head
Together (NHT) dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar
siswa.
Kata Kunci: Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT),
Hasil Belajar IPS.
Bibliografi : lembar 85-86
SS00006672 | SK 6672 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain