Text
Peningkatan kemampuan gerak dasar lokomotor dalam pembelajaran pendidikan jasmani melalui pendekatan bermain siswa kelas II SDN Karet 04 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan : penelitian tindakan kelas di SDN Karet 04 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan
PENINGKATAN KEMAMPUAN GERAK DASAR LOKOMOTOR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN SISWA KELAS II SDN KARET 04 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN
(2015)
LUKAS NASUA
ABSTRAK
Meningkatkan gerak dasar lari siswa kelas II SDN Karet 04 Pagi dalam pendidikan jasmani melalui pendekatan bermain. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauh mana peningkatan gerak dasar lari siswa kelas II SDN Karet 04 Pagi Jakarta Selatan Khususnya kelas II. Penelitian dilakukan dengan metode pendekatan bermain yang terdiri dari 2 siklus yaitu 1 dan 2 serta setiap siklusnya laksanakan dalam 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data yang diperoleh pada siklu I gerak dasar lari siswa mencapai rata-rata 72% sedangkan pengamatan variabel pendekatan bermain mencapai rata-rata 65% pada siklus 2 peningkatan gerak dasar lari 82,8%. Sedangakan pengamatan variabel pendekatan bermain mencapai rata- rata 80%. Hasil analisis menyatakan bahwa dengan menggunakan pendekatan bermain dapat meningkatkan kemampuan gerak dasar lari siswa. Dengan pendekatan bermain siswa dapat bebas dan bergembira melakukan gerakan serta dapat menjalin kerja sama dalam kelompok. Guru sudah mampu menerapkan pendekatan bermain dalam meningkatkan kemampuan gerak dasar lari siswa dalam pendidikan jasmani. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan kemampuan gerak dasar lari siswa kelas II SDN Karet 04 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan.
Kata kunci : Kemampuan Gerak Dasar Lokomotor, Pendekatan Bermain.
Bibliografi : lembar 67-69
SS00006673 | SK 6673 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain