Text
Meningkatkan kemampuan membaca notasi balok melalui bermain alat musikrekorder pada siswa kelas IV SDN Menteng Atas 06 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA NOTASI BALOK MELALUI
BERMAIN ALAT MUSIK REKORDER PADA SISWA KELAS IV SDN
MENTENG ATAS 06 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN (2015)
SULCE SEMBAY
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana cara “meningkatkan
kemampuan membaca notasi balok melalui bermain alat musik rekorder pada
siswa kelas IV,penelitian dilaksanakan di SDN Menteng Atas 06 Pagi
Setiabudi Jakarta Selatan dengan subjek seluruh siswa. Metode penelitian
adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan system spiral
menurut teori Kemmis Mc Taggart yang terdiri dari 2 siklus dengan tahapan
perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Mencermati
hasil intervensi tindakan yang sudah dilaksanakan oleh peneliti melalui
tindakan siklus I dan II, hasil penelitiannya menunjukkan adanya peningkatan
persentase pencapaian kemampuan membaca notasi balok pada siswa kelas
IV SDN Menteng Atas 06 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan, sebagai berikut:
siklus I baru 70% dari jumlah siswa yang memperoleh skor ≳70 dengan target
keberhasilan adalah7 5%.ini menunjukkan bahwa ketuntasan yang
diharapkan yaitu 70. Oleh karena itu peneliti melanjutkan pada siklus II.pada
siklus II mengalami peningkatan yang sangat baik sehingga diperoleh nilai
rata-rata sebesar 72,53. Sedang ketuntasan belajar pada siklus II menjadi
76,67%.adapun aspek proses bermain alat musik rekorder pada siklus I
sebesar 75% dan siklus pembelajaran meningkat 87,5%. Dengan
menggunakan alat musik rekorder siswa menjadi lebih termotivasi, aktif
berani,dan lentur dalam melakukan praktek bermain alat musik rekorder.
Berdasarkan kedua temuan tersebut, disimpulkan kemampuan membaca
notasi balok melalui bermain alat musik rekorder siswa kelas IV SDN
Menteng Atas 06 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan berhasil meningkat.
Kata Kunci: Membaca Notasi Balok, Bermain Alat Musik Rekorder
Bibliografi : lembar 94
SS00006674 | SK 6674 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain