Text
Pengaruh metode SCCS (Student Created Case Studies) melalui layanan kelompok psikoedukasi terhadap pemahaman strategi coping kecemasan akademik (Studi kuasi eksperimen pada mahasiswa pendidikan luar sekolah 2014)
PENGARUH METODE SCCS (STUDENT CREATED CASE STUDIES) MELALUI LAYANAN KELOMPOK PSIKOEDUKASI TERHADAP PEMAHAMAN STRATEGI COPING KECEMASAN AKADEMIK
(Studi Kuasi Eksperimen pada Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah 2014)
(2015)
Adinda Rizky
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode SCCS (Student Created Case Studies) melalui layanan kelompok psikoedukasi terhadap pemahaman strategi coping kecemasan akademik pada mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah 2014, Universitas Negeri Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pretest-posttest nonequivalent group design. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling cluster sampling. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 74 orang mahasiswa dengan 37 orang sebagai kelompok eksperimen dan 37 orang sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen strategi coping kecemasan akademik yang bersifat pilihan ganda dengan validitas menggunakan rumus Korelasi Point Biserial yang menghasilkan 29 item valid dan 11 item drop. Reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus Kuder Richardson number 20 menunjukan 0,812 yang menunjukkan bahwa reliabilitas tinggi yang artinya instrumen akan terus mendapatkan hasil yang sama bila digunakan lagi di kesempatan lain. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan rumus uji independent sample t test diperoleh hasil yang menyatakan bahwa Ho ditolak dengan nilai asymp. Sig sebesar 0,000 < taraf signifikansi 0,05 (1-tailed), yang berarti terdapat pengaruh metode SCCS (Student Created Case Studies) melalui layanan kelompok psikoedukasi terhadap pemahaman strategi coping kecemasan akademik pada mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah 2014. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, metode SCCS dalam layanan psikoedukasi dapat menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan pemahaman strategi coping kecemasan akademik mahasiswa tahun pertama yang semula termasuk kategori pemahaman yang rendah. Mahasiswa yang telah memahami strategi coping dapat menerapkan coping sebagai bentuk mekanisme pertahanan diri untuk mereduksi kecemasan akademik, sehingga ketika mereka mengalami kecemasan menghadapi tekanan perkuliahan yang semakin tinggi pada tiap semester, dapat mengatasi kecemasan tersebut dengan baik.
Kata Kunci: SCCS (Student Created Case Studies), layanan kelompok psikoedukasi, Pemahaman Strategi Coping Kecemasan Akademik
Bibliografi : lembar 144-147
SS00007046 | SK 7046 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2014.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain