Text
Upaya meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan bermain peran di sentra main peran (penelitian tindakan kelas di TK Al-Jannah Islamic, Nature & Science, Jakarta Timur)
UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN DI SENTRA MAIN PERAN
(Penelitian Tindakan Kelas di TK Al-Jannah Islamic, Nature & Science, Jakarta Timur)
(2015)
Trias Mayangasri
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas pada anak usia 5-6 tahun di TK Al-Jannah Islamic, Nature & Science, Jakarta Timur melalui kegiatan bermain peran di sentra main peran. penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei-Juni 2015. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah kelompok B2 TK Al-Jannah Islamic, Nature & Science, Jakarta Timur yang kreativitasnya masih rendah dengan jumlah sebanyak 10 anak. Presentase keberhasilan yang disepakati peneliti dan kolaborator adalah 71%. Hasil analisis data pada praintervensi di dapat presentase sebesar 48,5%. Setelah diberikan tindakan, presentase meningkat mencapai 62,2%. Data yang diperoleh pada siklus I belum mencapai target, maka peneliti melakukan tindakan pada siklus II. Presentase yang diperoleh pada siklus II meningkat menjadi 81,3%. Hal ini berarti dari praintervensi sampai siklus II memiliki kenaikan 32,8%. Berdasarkan keberhasilan presentase yang telah diperoleh, maka hipotesis tindakan dalam penelitian ini terbukti. Adapun temuan secara kealitatif diperoleh bahwa kreativitas anak usia dini dapat meningkat dengan membangun motivasi, pemberian apersepsi, pemberian kesempatan untuk mengemukakan ide, sehingga rasa ingin tahu anak berkembang dan dapat memerankan suatu tokoh sesuai dengan imajinasinya.
Bibliografi : lembar 206-208
SS00007050 | SK 7050 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2015.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain