Text
Upaya meningkatkan hasil belajar asam-basa terintegrasi kehidupan sehari-hari melalui model pembelajaran Problem Solving pada siswa Kelas XI SMA Negeri 44 Jakarta
ABSTRAK
YOKHEBED FRANSISCA. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Asam Basa Terintegrasi Kehidupan Sehari-HariMelalui Model Pembelajaran Problem Solvingpada Siswa Kelas XISMA Negeri 44 Jakarta. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan llmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 44 Jakarta melalui model pembelajaran Problem Solving pada materi asam-basa terintegrasi kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari lima pertemuan. Subjek penelitian adalah 36 orang siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 44 Jakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Solving pada materi asam-basa terintegrasi kehidupan sehari-hari dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XldiSMA Negeri 44 Jakarta. Nilai rata-rata hasil belajar kognitif (pengetahuan) siswa sebelum dilaksanakan tindakan adalah 45,89 (pretest). Kemudian nilai rata-rata hasil belajar siswa setelah dilaksanakan
tindakan siklus I berupa pelaksanaan pembelajaran dengan model Problem Solving adalah 68,89 dan nilai rata-rata hasil belajar siswa setelah dilaksanakan tindakan siklus II dengan model pembelajaran Problem Solving adalah 82,28. Keberhasilan ini didukung dengan terjadinya peningkatan skor pada setiap indikator aspek afektif (sikap) dan psikomotorik (keterampilan). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Solvingpada materi asam-basa terintegrasi kehidupan sehari-hari dapat membuat siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran, pemahaman siswa pun bertambah setelah mempelajari materi asam-basa melalui berbagai peristiwa yang dekat dengan kehidupan sehari-hari, sehingga hasil belajar siswa pun mengalami peningkatan.
Kata Kunci : Problem Solving, Kimia Terintegrasi Kehidupan Sehari-Hari,Hasil Belajar Siswa, Asam-Basa
Bibliografi : lembar x-xi
SS00007051 | SK 7051 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain