Text
Pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa (studi eksperimen di SMA Negeri 77 Jakarta)
ABSTRAK
M RUDI HARTATI. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa (Studi Eksperimen Di SMA Negeri 77 Jakarta). Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMA Negeri 77 Jakarta pada pokok bahasan geometri bangun ruang matematika wajib kelas X.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain pretest and post-test group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik two stage sampling, yaitu menggunakan purposive sampling untuk memilih 3 kelas yang memiliki jurusan yang sama, yaitu jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIA) dari 6 kelas yang menjadi populasi terjangkau, kemudian menggunakan cluster random sampling untuk menentukan kelas eksperimen (pembelajaran PBL) dan kelas kontrol (pembelajaran konvensional dari 3 kelas terpilih sebelumnya. Kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dipilih berasal dari populasi yang memiliki homogenitas yang sama dihitung dengan menggunakan uji Bartlett dan berdistribusi normal dengan menggunakan uji Lilliefors. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis yang berupa soal uraian sebanyak lima butir soal pada pokok bahasan geometri bangun ruang. Sebelum instrumen penelitian digunakan, dilakukan terlebih dahulu uji validitas, uji reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya pembeda.
Berdasarkan data hasil penelitian, rata-rata skor pretest kemampuan pemecahan masalah matematis kelas eksperimen adalah 19,333 dan kelas kontrol adalah 19,361. Sedangkan rata-rata skor kemampuan post-test kelas eskperimen adalah 45,028 dan kelas kontrol adalah 37,473. Hasil pengujian homogenitas sebelum perlakuan menggunakan uji Bartlett dari tiga kelas diperoleh
SS00007055 | SK 7055 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain