Text
Pengaruh penggunaan media pembelajaran web blogging terhadap hasil belajar pada mata kuliah penataan rambut dan tata rias fantasi mahasiswa tata rias 2011 Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
SITI JUHRIAH, Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Web Blogging Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Penataan Rambut dan Tata Rias Fantasi Mahasiswa Tata Rias 2011 Universitas Negeri Jakarta. Skripsi : Program Studi Pendidikan Tata Rias, Jurusan Ilmu Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data yang sahih, benar, dan dapat dipercaya secara empiris mengenai Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Web Blogging Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Penataan Rambut dan Tata rias Fantasi Mahasiswa Tata Rias 2011 Universitas Negeri Jakarta pada materi Pengetahuan Tata Rias Fantasi Versi Nasional dan Internasional. Penelitian dilakukan pada bulan Mei 2015 Gedung H Lantai 3 Ruang 312 di Universitas Negeri Jakarta dengan menggunakan metode quasi experimental design dengan analisis kuantitatif.
Populasi target dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2011 sebanyak 39 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan sampling jenuh, dalam penelitian ini 39 mahasiswa dibagi menjadi 2 kelompok yaitu 20 orang untuk kelompok eksperimen dan 19 orang untuk kelompok kontrol. Uji coba instrumen penelitian dilakukan untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas instrumen yang akan dijadikan alat pengumpul data. Dari pengujian validitas menghasilkan 25 butir soal yang diujikan mendapatkan 20 butir soal yang valid dan 5 butir soal yang drop, untuk uji reliabilitas instrumen menghasilkan angka reliabilitas sebesar 0,975, menunjukkan instrumen penelitian memiliki tingkat reliabilitas yang sangat tinggi.
Untuk uji persyaratan analisis, peneliti menggunakan uji normalitas Liliefors yang menghasilkan Lhitung kelas eksperimen sebesar 0,1857 dan Lhitung kelas kontrol sebesar 0,1944 lebih kecil dari Ltabel sebesar 0,195 dengan taraf signifikansi 0,05. Hal ini menyatakan bahwa populasi pada kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas menggunakan uji kesamaan dua varians menghasilkan Fhitung 1,64 dengan Ftabel 2,20, karena Fhitung (1,64) < Ftabel (2,20). Jadi hipotesis Ho diterima dan hipotesis Hi di tolak maka variansi populasi antara kelas Eksperimen dan kelas Kontrol adalah homogen.
Pengujian hipotesis pada penelitian ini dengan menggunakan uji t menghasilkan angka sebesar thitung sebesar 7,98 lebih besar dari pada ttabel 1,69, maka hipotesus Hi diterima sedangkan hipotesis Ho ditolak. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran web blogging terhadap hasil belajar mata kuliah penataan rambut dan tata rias fntasi mahasiswa tata rias 2011 Universitas Negeri Jakarta.
KATA KUNCI:Media Pembelajaran Web Blogging, Hasil Belajar Mata Kuliah Penataan Rambut dan Tata Rias Fantasi, Mahasiswa Tata Rias 2011 Universitas Negeri Jakarta
ABSTRACT
SITI JUHRIAH, the influence of Web Learning Media use Blogging Against the results of the Study Courses Hairdressing and Cosmetology Student Fantasy Makeup 2011 State University of Jakarta. Undergraduate Thesis: Health and Beauty Education Study Program, the Department of Home Economic Family Welfare, Faculty Of Engineering, State University of Jakarta, 2015.
This research aims to get the data valid, correct, reliable and empirically concerning the influence of Learning Media use Web Blogging Against the results of the Study Courses Hairdressing and cosmetology Student Fantasy Makeup 2011 State University of Jakarta in the material Makeup of fantasy version of Knowledge nationally and internationally. Research conducted in may 2015 H Building 3rd floor Room 312 at the State University of Jakarta using a quasi experimental design with a quantitative analysis.
The target population in this study are students 2011 force as many as 39 people. Sampling techniques using a sampling of saturated, in this study 39 students divided into two groups, the experimental group for 20 people and 19 people to the control group. Test instrument of research conducted to find out the level of validity and reliability of instruments that will be used as a tool to capture data. From testing the validity of generating 25 grains reserved the word get a valid question 20-5 round and drop questions, to test the reliability of the instrument produces a number of reliability 0,975, shows research instrument has a very high level of reliability.
To test the requirements analysis, researchers used a test that produces Liliefors normality Lcalculate a class experiment of 0,1857 and Lcalculate grade control of 0,1944 smaller than Ltable of significance level 0.05 0,195. It is stated that population control experiments and class class Gaussian. To test its homogeneity using similarity test two produces variance Fcalculate 1.64 with Ftable 2.20, because Fcount (1.64) < Ftable (2.20). So the hypothesis Ho was accepted and Hi hypothesis in decline then variansi to population between the experimental and the control class is homogeneous.
Hypothesis testing in this study by using the t-test generates a number of tcount of 7.98 greater than ttable 1.69, then hypothesis Hi accepted while the hypothesis Ho is rejected. The results showed there is the influence of the use of instructional media web blogging against the results of the study courses hairdressing and cosmetology fantasy of health and beauty students 2011 State University of Jakarta.
KEYWORDS: Learning Media Web Blogging , The results of the Study Courses Hairdressing and Cosmetology Fantasy, Cosmetology Students 2011 State University of Jakarta
Bibliografi : lembar 70
SS00007058 | SK 7058 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain