Text
Analisis kemampuan argumentasi siswa pada pembelajaran polimer melalui analisis life-cycle dan inquiry-based learning
ABSTRAK
Imas Maslakhatul M, Analisis Kemampuan Argumentasi Siswa pada Pembelajaran Polimer melalui Analisis Life-Cycle dan Inquiry-Based Learning. Skripsi, Jakarta, Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Jakarta, Juni 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan argumentasi siswa pada pembelajaran polimer melalui analisis life-cycle dan inquirybased learning. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif. Data diperoleh dari dokumentasi, rekaman, wawancara, dan observasi langsung. Instrumen yang digunakan yaitu cerita (pre-task dan post-task), projek siswa, dan esai siswa. Data dianalisis ke dalam aspek sosial-ekonomi, moral, ekologi, ilmiah dan pengkodean berdasarkan Toulmin (2003). Penelitian ini berfokus dalam menganalisis kemampun argumentasi siswa melalui pendekatan life-cycle dalam pembelajaran dengan cara menggabungkan isu sosial-ilmiah dan analisis life-cycle dengan pembelajaran berbasis inquiry.
Hasilnya menunjukkan bahwa kemampuan argumentasi sosial-ekonomi dan ekologi siswa dengan analisis life-cycle berkembang selama pembelajaran. Argumentasi moral dan ilmiah siswa masih rendah tetapi mengalami perkembangan. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan ini efektif digunakan dalam pembelajaran polimer di sekolah menengah atas untuk mengembangkan kemampuan argumentasi siswa.
Kata kunci : life-cycle, analisis kemampuan argumentasi
Bibliografi : lembar 93-95
SS00006813 | Sk 6813 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain