Text
Analisis mental states siswa dalam pembelajaran kimia pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan
ABSTRAK
ERRY KURNIA SARI. Analisis Mental States Siswa dalam Pembelajaran Kimia pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Skripsi. Jakarta. Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis mental states siswa dalam pembelajaran kimia pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Penelitian ini telah dilakukan pada April - Mei 2015 di SMA Negeri 39 Jakarta.
Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 6 sebanyak 36 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian mixed methods. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mental States Conceptual Learning Inventory (MSCLI) dan instrumen Tes Hasil Belajar Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan, dimana pada instrumen MSCLI terdiri dari empat indikator yang diteliti yaitu emosi, minat, respresentatif mental internal dan respresentatif mental eksternal. Wawancara dan observasi digunakan untuk mendukung data yang telah diperoleh.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrument MSCLI berkorelasi dengan instrumen Hasil Belajar Ksp. Dimana sebelum proses pembelajaran, koefisien korelasi Pearson dari MSCLI dan instrumen Hasil Belajar Ksp adalah 0,523 (p
SS00006816 | SK 6816 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain