Text
Evaluasi program penyaluran dana bantuan penyediaam alat permainan edukatif kepada lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Bekasi
Abstrac
Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 57 ayat (1), evaluasi dilakukan dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan, diantaranya lembaga pendidikan. Evaluasi menurut Daniel L. Stufflebeam dan Anthony J. Shinkfield, The Standards definitions is as follows: Evaluation is the systematic assessment of the worth or merit of some object. Menurut Suyadi pengertian PAUD adalah: Pendidikan PAUD merupakan serangkaian upaya yang sistematis dan terprogram dalam melakukan pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani serta rohani agar anak memiliki kesiapan untuk memasuki pendidikan lebih lanjut.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode evaluatif. Penelitian evaluatif ini menggunakan model evaluasi CIPP, mencakup berbagai aspek dan indikator yang berkaitan dengan komponenkomponen konteks, input, proses dan produk dari program yang di evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian, dari keempat komponen di atas telah terpenuhi kriterianya. Namun masih ada beberapa komponen yang perlu diperbaiki. Rekomendasi hasil penelitian adalah yang pertama untuk Penyelenggara program pada; 1) Melanjutkan kembali program ini karena sangat membantu dan bermanfaat bagi lembaga PAUD, 2) Proses seleksi dilakukan dengan transparan dan dilakukan dalam jangka waktu tertentu, 3) Perlu adanya survey langsung terhadap lembaga yang akan menerima bantuan sehingga dapat dilihat bahwa lenbaga tersebut layak.
Bibliografi : lembar 141-142
TM00004850 | TM 4850 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain