Text
Peningkatan hasil belajar IPA melalui pendekatan keterampilan proses pada siswa Kelas IV SDN Pasar Manggis 01 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan (penelitian tindakan Kelas IV SDN Pasar Manggis 01 Pagi Kec Setia Budi Jakarta Selatan)
Peningkatan Hasil Belajar dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Keterampilan Proses pada siswa kelas IV SDN Pasar Manggis 01 Pagi Jakarta selatan
(2015)
ABSTRAK
Penelitian ini adalah untuk mendapatkan daya empiric mengenai penerapan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada siswa dikelas IV.Banyak ditemukan dalam proses pembelajaran di sekolah Dasar guru belum berupaya maksimal untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas pembelajaran disekolah untuk mengembangakan kegiatan pembelajaran dengan memilih pendekatan yang dituangkan dalam berbagai model dan pendekatan pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA melalui pendekatan ketrampilan proses pada siswa kelas IV di SDN Pasar Manggis 01 Pagi Setia budi Jakarta Selatan.Peneliti ini dilaksanakan di SDN Pasar Manggis 01 Pagi Setia Budi Jakarta Selatan, kususnya kelas IV. Peneliti ini dilakukan dengan pendekatan keterampilan proses yang terdiri dari 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II.Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh data pada siklus I Hasil tes peningkatan daya ingat siswa yang telah mencapai > 70 sebesar 64,48% dengan rata –rata 70,3. Sedangkan siklus II menunjukkan kenaikan yang senifikan yaitu sebesar 80% siswa mendapat nilai tes peningkatan daya Ingat > 70 dengan rata-rata 75,8 . Adapun untuk lembar pemantau tindakan pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran IPA. Implikasi Hasil Penelitian ini adalah bahwa pembelajaran untuk meningkatkan Hasil Belajar siswa dalam pelajaran IPA di SDN Pasar Manggis 01 Pagi Setia Budi Jakarta selatan.
Kata kunci: Meningkatkan hasil belajar , keterampilan proses
Improvement in Memory Learning science through Approach (IPA) The process skills in the fourth grade students of SDN 01 Morning Market Manggis South Jakarta Setia Budi.
2015
ABSTRACT
This research is to obtain empirical power of the application This research is to obtain empirical power of the application science learning in students in class IV.Many are found in the learning process at Primary school teachers have not every effort to improve the quality and effectiveness school learning to develop the learning activities by choosing the approach outlined in the various models and learning approach that can develop the ability to think students. The purpose of this study was to analyze how improve memory of students in science lessons through the approach of process skills in the fourth grade students at SDN 01 Morning Market Manggis South Jakarta Setia Budi.The researchers conducted in Manggis Market SDN 01 Pagi South Jakarta, kususnya class IV. The researchers conducted the skills approach a process that consists of 2 cycles of cycle I and cycle II.The results showed that the data obtained in the first cycle test results memory enhancement students who have achieved> 70 amounted to 64.48% with average -rata 70.3. While the second cycle showed senifikan increase in the amount of 80% of students scored test memory enhancement with average -rata 70.3. While the second cycle showed senifikan increase in the amount of 80% of students scored test memory enhancement memory of students in science lessons. Implications The results of this research is that learning to improve memory of students in a lesson IPA in SDN 01 Jakarta Pasar Manggis 01south morning Setiabudi Jakarta Selatan.
Keywords: process skills
Bibliografi : lembar 91-92
SS00007076 | SK 7076 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain