Text
Perbandingan kemampuan koneksi matematis antara siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan penggunaan mind map dan penggunaan peta konsep pada pokok bahasan peluang di SMP Negeri 5 Bekasi
ABSTRAK
ANIK PRISTIANI, Perbandingan Kemampuan Koneksi Matematis antara Siswa yang Memperoleh Pembelajaran Matematika dengan Penggunaan Mind Map dan Penggunaan Peta Konsep pada Pokok Bahasan Peluang di SMP Negeri 5 Bekasi. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Matematika Non Reguler, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui alat dalam pembelajaran yang sesuai dan efektif dalam mengembangkan kemampuan koneksi matematis siswa serta untuk mengetahui apakah kemampuan koneksi matematis siswa yang belajar dengan penggunaan mind map lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan penggunaan peta konsep.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experiment (eksperimen semu). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik two stage random sampling yang terdiri dari teknik purposive sampling dan simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan koneksi matematis pada pokok bahasan Peluang sebanyak 6 soal uraian. Sebelum digunakan, instrumen tersebut telah melalui uji validitas isi, konstruk dan validitas empirik.
Perhitungan reliabilitas dilakukan dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,7984 yang termasuk dalam kategori tinggi.Berdasarkan perhitungan data hasil penelitian, kedua kelas eksperimen, baik kelas yang memperoleh pembelajaran matematika dengan penggunaan mind map maupun penggunaan peta konsep, masing-masing berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas menunjukkan bahwa kedua kelas ekperimen memiliki varians dari populasi yang homogen. Oleh karena itu, pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan statistik uji- dengan varians yang sama dan taraf signifikansi α = 0,05 Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan penggunaan mind map lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan penggunaan peta konsep.
Kata kunci : Penggunaan Mind Map, Peta Konsep, Kemampuan Koneksi Matematis.
Bibliografi : lembar 56-58
SS00006820 | Sk 6820 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain