Text
Meningkatkan kemampuan mengenal macam-macam bumbu dapur Kelas VII untuk anak tuna netra melalui media realia di SLB A Tan Miyat Bekasi (penelitian tindakan kelas di SLB Tan Miyat Bekasi)
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBEDAKAN MACAM-MACAM BUMBU DAPUR MELALUI MEDIA REALIA
( Penelitian Tindakan Kelas di SLB A Tan Miyat Bekasi )
(2014)
Puspita Rizkia Fairina
ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan
membedakan macam-macam bumbu dapur siswa tunanetra melalui media
realia di kelas VII SLB A Tan Miyat Bekasi. Sampel dalam penelitian ini
adalah siswa tunanetra total kelas VII di SLB A Tan Miyat Bekasi sebanyak 5
orang pada semester I tahun akademik 2014/2015 dengan menggunakan
metode penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian yang
dilakukan pada siswa tunanetra total kelas VII di SLB A Tan Miyat Bekasi,
maka diperoleh rata-rata peningkatan kemampuan membedakan macam
macam bumbu dapur pada siklus II sebesar 85,6% dari 5 subjek yang ada,
diketahui bahwa A berada pada skor tertinggi yaitu 86,1%, dan B berada
pada skor terendah yaitu 83,3%. Dengan demikian hal ini menunjukan bahwa
penggunaan media realia dapat meningkatkan kemampuan mengenal bumbu
dapur siswa tunanetra kelas VII di SLB A Tan Miyat Bekasi. Implikasi dari
hasil penelitian ini adalah kemampuan membedakan bumbu dapur siswa
tunanetra total kelas IX akan lebih efektif dan efisien jika menggunakan
media realia.
Kata kunci: kemampuan membedakan bumbu dapur siswa tunanetra kelas
VII, media realia
ABSTRACK
This research aims to improve ability to recognize kind all herbs of blind students grade
VII in SLB A Tan Miyat Bekasi through reality media.
The subject of this research are five blind students grade VII in SLB A Tan Miyat
Bekasi. This research using methods classroom action research with models of Kemmis
and Mc Taggart which consist of planning, actions and observations, with reflection
carried out for 2 cycles. This research to shows the reality media could improve to
recognize kind all herbs. Research result successfully because all students increase but
there are some students which has not reached the target be expected because active
and focused students still lacking in learning.
Conclusion of this research that reality media can improve the ability of blind children in
recognize kind all herbs of blind students grade VII in SLB A Tan Miyat Bekasi.
Keywords : To recognize all herbs through reality media
Bibliografi : lembar 147
SS00007078 | SK 7078 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain