Text
Analisis Pedagogical Content Knowledge (PCK) menggunakan Content Representation (CoRe) framework pada materi reaksi redoks terintegrasi pendidikan lingkungan hidup
ABSTRAK
MIFTAH RIZFIYANI. Analisis Pedagogical Content Knowledge (PCK) Menggunakan Content Representation (CoRe) Framework pada Materi Reaksi Redoks Terintegrasi Pendidikan Lingkungan Hidup. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk menginterpretasikan hasil analisis Pedagogical Content Knowledge(PCK) guru berpengalaman untuk mengembangkan PCK calon guru dengan menggunakan Content Representation (CoRe) framework pada materi reaksi redoks terintegrasi lingkungan hidup. Calon guru dalam melakukan pembelajaran di kelas belum memiliki pengalaman yang mencukupi sehingga diperlukan informasi dari guru berpengalaman berupa Content Representation (CoRe) framework yaitu informasi mengenai topik penting dalam suatu materi dan cara mengajar yang baik sehingga dapat mengembangkan Pedagogical Content Knowledge (PCK) calon guru. Narasumber dalam penelitian adalah dua guru kimia berpengalaman.
Calon guru memiliki gambaran pada saat melakukan pembelajaran di kelas dengan adanya CoRe framework. Penelitian dilaksanakan di SMAN 107 Jakarta pada bulan Januari 2015 sampai Juni 2015. Metode yang digunakan adalah interpretive research dengan menggunakan paradigma penelitian interpretivism paradigm yaitu informasi mendalam berdasarkan sudut pandang subjek yang menjalani kehidupan tersebut.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa PCK calon guru berkembang berdasarkan hasil rubrik penilaian PCK calon guru yang dinilai oleh tiga orang observer. Skor rata-rata PCK peneliti dari tiga observer berdasarkan rubrik PCK adalah 18 pada pertemuan pertama, 19 pada pertemuan kedua, dan 20 pada pertemuan ketiga atau pertemuan pembelajaran terakhir. Hal ini menunjukkan bahwa CoRe framework sebelum mengajar yang diisi dengan cara berkolaborasi dengan guru berpengalaman dapat mengembangkan PCK calon guru dalam melakukan pembelajaran di kelas. Kata kunci : Pedagogical Content Knowledge (PCK), Content Representation (CoRe) framework, Reaksi Redoks dan Pendidikan Lingkungan Hidup.
ABSTRACT
The aim of this research is to interpret the results of the analysis of Pedagogical Content Knowledge (PCK)’s expert teachers for developing PCK of pre-service teachers by using Content Representation (CoRe) framework at redox material integrated by environmental education. Development PCK of pre-servive teacher can be done by interviewing about CoRe framework of expert teachers. There are two expert teachers who acts as resources. Core framework is the worksheet to conceptualizing the lesson based on important topics. The research was conducted from January to June 2015 of class X MIPA 2, SMAN 107 Jakarta. The methodology used in this research is interpretive research. This research consisted of two step, preparation and implementation. Based on the result of research, PCK test score of pre-service teacher was increased from 18,19 to 21 on rubric asseement of PCK. This suggests that the design of CoRe framework can be used as a reflection tool to develop own PCK.
Key words: Pedagogical Content Knowledge (PCK), Content Representation (CoRe) Framework, Redox Material, Environmental Education.
Bibliografi : lembar 118-119
SS00006821 | Sk 6821 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain