Text
Pengaruh penggunaan model analogi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi larutam asam basa
Dina Hadi Lana. Pengaruh Penggunaan Model Analogi Terhadap
Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Larutan Asam basa.
Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia,
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri
Jakarta, Juli 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
analogi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini
dilakukan di semester genap tahun ajaran 2014/2015 di SMA Al- Azhar 1
Jakarta.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experiment.
Penelitian ini terdiri dari 3 tahap yaitu persiapan, pelaksanaan kegiatan
belajar mengajar (KBM) menggunakan model analogi, dan evaluasi
(posttest). Pengujian hipotesis penelitian dilakukan dengan uji beda yaitu
uji t.
Sampel penelitian berjumlah 46 siswa yang terdiri dari 22 siswa sebagai
kelompok eksperimen dan 24 siswa sebagai kelompok kontrol. Kelompok
eksperimen menggunakan model analogi dan kelompok kontrol
menggunakan metode mind map. Skor rata-rata posttest siswa kelompok
eksperimen adalah 24,227 dan skor rata-rata posttest siswa kelompok
kontrol adalah 21,58, hasil uji t yaitu thitung (2,63) > ttabel (1,68) (dengan df =
44 dan taraf signifikansi 5%) menujukkan H0 ditolak yang artinya bahwa
rata-rata skor kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan rata-rata
skor kelompok kontrol. Perbedaan ini signifikan yang dibuktikan dari hasil
uji signifikasi dengan alpha 0,05. Hal ini berarti ada perbedaan rata-rata
skor yang signifikan antara kelompok eksperimen dengan kelompok
kontrol.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif
penggunaan model analogi terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa
pada materi Larutan asam basa.
Bibliografi : lembar 73-74
SS00006823 | Sk 6823 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain