Text
Analisis kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran hidrologis garam melalui pendekatan social emotional learning
ABSTRAK
EKA PUTRI HARDINING TYAS. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis
Siswa pada Materi Hidrolisis Garam Melalui Pendekatan Social Emotional
Learning. Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan
Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas
Negeri Jakarta, 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis
siswa pada materi hidrolisis garam melalui pendekatan Social Emotional
Learning. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 4
Jakarta sebanyak 33 siswa. Penelitian dilaksanakan pada tahun ajaran
2014/2015.
Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Kualitatif. Sebelum
melakukan penelitian, dilakukan analisis pendahuluan untuk mengetahui
keadaan lingkungan terhadap Social Emotional Learning dengan
menggunakan kuisioner CSCI yang telah diubah ke bahasa indonesia.
Penelitian ini dilakukan sebanyak 4 pertemuan selama pembelajaran
materi hidrolisis garam. Analisis Berpikir Kritis siswa melalui Social
Emotional Learning dilakukan dengan menggunakan Tes Analisis
Kemampuan Berpikir Kritis (TAKBK), Kuisioner, Observasi dan
Wawancara. Tes Analisis Kemampuan Berpikir Kritis (TAKBK) dilakukan
sebanyak 3 kali pada saat pembelajaran hidrolisis garam untuk
mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa. Pengumpulan data Tes
Analisis Kemampuan Berpikir Kritis (TAKBK) tersebut mengacu pada tujuh
indikator berpikir kritis menurut Ennis yaitu Fokus terhadap pernyataan,
menganalisis argumen, mengajukan pertanyaan klarifikasi, menilai
kredibilitas sumber, menilai laporan pengamatan, menilai kesimpulan dan
membuat keputusan. Pengumpulan data kuisioner dilakukan sebanyak 1
kali untuk mengetahui pendekatan Social Emotional Learning didalam
kelas. Social Emotional Learning mencakup 5 kompetensi yaitu Self
Awwarness, Self Management, Social Awareness, Relationship
Management dan Responsible Decision Making.
Hasil penelitian analisis kemampuan berpikir kritis siswa pada materi
hidrolisis garam melalui pendekatan Social Emotional Learning dapat
diketahui, bahwa kemampuan berpikir kritis siswa cenderung dapat
dibangun pada pembelajaran Hidrolisis Garam melalui pendekatan Social
Emotional Learning (SEL).
Bibliografi : lembar 104-106
SS00006825 | Sk 6825 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain