Text
Pengaruh penerapan strategi guided discovery terhadap kinerja siswa pada praktikum reaksi reduksi oksidasi dan stoikiometri
Abstrak
Nur Rohmah. Pengaruh Penerapan Strategi Guided Discovery terhadap Kinerja Siswa pada Praktikum Reaksi Reduksi Oksidasi dan Stoikiometri. Skripsi. Jakarta : Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Juni 2015.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi guided discovery
terhadap hasil kinerja siswa pada praktikum reaksi reduksi oksiddasi dan
stoikiometri. Diharapkan melalui penelitian ini, guru memperoleh informasi
mengenai strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan kinerja siswa di
laboratorium. Penelitian ini dilakukan di kelas X MIA 2 (kelompok kontrol) dan X
MIA 1 (kelompok eksperimen) SMAN 11 Jakarta pada April sampai Mei 2015.
Metode penelitian yang digunkan adalah true experiment dengan desain
randomized control group pretest-posttest.
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen
32,78 dan kelompok kontrol 28,30. Pengujian terhadap hipotesis diperoleh nilai
thitung = -2,74 dan ttabel = 1,669. Oleh karena thitung > ttabel, maka disimpulkan
strategi guided discovery dapat mempengaruhi nilai kinerja siswa di
laboratorium pada praktikum reaksi reduksi oksidasi dan stoikiometri.
Kata kunci : Guided discovery, kinerja, reaksi reduksi oksidasi, stoikiometri
Bibliografi : lembar 50-51
SS00006829 | Sk 6829 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain