Text
Penggunaan Conceptual Change Text (CCT) untuk mengurangi miskonsepsi siswa pada konsek asam basa di SMA Negeri 4 Tambun Selatan
ABSTRAK
DENNY PANGESTUTIYATI. Penggunaan Conceptual Change Text (CCT) untuk Mengurangi Miskonsepsi Siswa pada Konsep Asam Basa Di SMA Negeri 4 Tambun Selatan. SKRIPSI. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta, Juli 2015
Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi miskonsepsi siswa pada konsep Asam Basa melalui penggunaan Conceptual Change Text (CCT). Penelitian tindakan kelas ini melibatkan 47 siswa kelas XI IPA 1 di SMA Negeri 4 Tambun Selatan pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam tiga siklus. Siklus pertama menggunakan konsep Teori Asam Basa. Siklus kedua menggunakan konsep Sifat Asam Basa dan Indikator Larutan Asam Basa. Siklus ketiga menggunakan konsep Kekuatan Asam dan Basa serta Nilai pH. Model penelitian tindakan kelas yang digunakan adalah model penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, reflektif jurnal, tes melalui lembar soal Conceptual Change Text (CCT) untuk mengidentifikasi pengetahuan awal, melakukan perubahan konsep siswa pada pengetahuan akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Conceptual Change Text (CCT) efektif dalam mengurangi miskonsepsi siswa dimana pada siklus pertama terdapat 64,4% siswa pada kategori Parsial Understanding (PU), pada siklus kedua terdapat 50,1% siswa yang masuk ke dalam kategori Sound Understanding (SU), dan pada siklus ketiga terdapat 87,1% siswa yang masuk ke dalam kategori Sound Understanding (SU). Penelitian ini dihentikan ketika siswa telah mencapai kategori Sound Understanding (SU) sebesar ≥ 75%. Kata kunci: Conceptual Change Text (CCT), Konsep Asam Basa, Miskonsepsi Siswa, Penelitian Tindakan Kelas
Abstract
This research has purpose to reduce students misconception about Acid Base concept through the use of Conceptual Change Text (CCT). This classroom action research involved 47 students of class XI IPA 1 SMA Negeri 4 Tambun Selatan in the second semester of the academic year 2014/2015. This classroom action research conducted in three cycles. The first cycle use the concept of Acid Base Theory. The second cycle use the concept of characteristic Acid Base and Acid Base Indicators. The third cycle use the concept of strength acid and base and pH value. Classroom action research model is used model of research Kemmis and Mc. Taggart. Each cycle consists of planning, action, observation, and reflection. Technique data collecting by interview, observation, reflective journals, test through the Conceptual Change Text (CCT) to identify prior knowledge, make changes to the concept of the student at the end of knowledge. The results showed that the use of Conceptual Change Text (CCT) is effective in reducing students misconception in the first cycle where there are 64.4% of students in the category of Partial Understanding (PU), the second cycle there are 50.1% of students who get into the category of Sound Understanding (SU), and in the third cycle are 87.1% of students who get into the category of Sound Understanding (SU). This study was stopped when the student has achieved the category Sound Understanding (SU) until ≥ 75%.
Keywords: Conceptual Change Text (CCT), Acid Base Concept, Student misconceptions, Classroom Action Research
Bibliogafi Hal.:172-176
SS00006830 | Sk 6830 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain