Text
Pengaruh bentuk tes dan hasil belajar IPA ditinjau dari keyakinan tentang IPA : eksperimen di MTsN 8 dan MTsN 12 Jakarta Barat
PENGARUH BENTUK TES DAN HASIL BELAJAR IPA
DITINJAU DARI KEYAKINAN TENTANG IPA
(Eksperimen di MTsN 8 dan MTsN 12 Jakarta Barat)
ARDIANTINI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bentuk tes dan keyakinan tentang IPA terhadap hasil belajar IPA. Bentuk tes ini meliputi uraian terbatas dan pilihan ganda sedangkan keyakinan tentang IPA meliputi keyakinan tentang IPA tinggi dan rendah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa MTsN 8 Jakarta Barat dan siswa MTsN 12 Jakarta Barat dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, sedangkan desain yang digunakan adalah treatment by level 2 x 2. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan analisis varians (ANAVA) 2 jalur.Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Hasil belajar IPA pada kelompok siswa yang diberi perlakuan bentuk tes uraian terbatas lebih tinggi daripada kelompok yang diberi perlakuan bentuk tes pilihan ganda, (2) Ada pengaruh interaksi antara bentuk tes dengan keyakinan tentang IPA, (3) pada kelompok siswa dengan keyakinan tinggi, hasil belajar IPA pada kelompok siswa yang diberi perlakuan bentuk tes uraian terbatas lebih tinggi daripada kelompok siswa yang diberi perlakuan bentuk tes pilihan ganda, dan (4) pada kelompok siswa dengan keyakinan rendah, hasil belajar IPA pada kelompok siswa yang diberi perlakuan bentuk tes uraian terbatas lebih rendah daripada kelompok siswa yang diberi perlakuan bentuk tes pilihan ganda. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan pertimbangan bagi guru untuk memberikan ulangan harian dengan menggunakan bentuk tes uraian terbatas karena bentuk tes uraian terbatas ini bisa meningkatkan keyakinan tentang IPA siswa.
Kata kunci: bentuk tes, keyakinan tentang IPA, hasil belajar IPA
Bibliografi : lembar 129-134
TM00004573 | TM 4573 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain