Text
Model mental siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit dengan open-ended drawing
ABSTRAK
Fiud Khodriah. 2015. Model Mental Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit Dengan Open-Ended Drawing. Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta.
Model mental sebagai suatu penggambaran tentang konsep yang mewakili ide dalam pikiran siswa akan diperoleh dari pemahaman, imajinasi, dan persepsi awal siswa. Umumnya kimiawan menggunakan tiga level representasi untuk memudahkan penjelasan fenomena kimia. Kemampuan siswa dalam menghubungkan ketiga level representasi akan penting dalam membangun struktur kognitif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model mental siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit dengan menggunakan instrumen Open Ended Drawing. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen OpenEnded Drawing, wawancara semi terstruktur, dan observasi pada proses pembelajarannya. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 2 di SMAN 10 BEKASI.
Hasil penelitian menunjukkan siswa dengan kategori sesuai pada level makroskopis lebih dominan dibandingkan level simbolik dan level mikroskopis. Selain itu, siswa memunculkan berbagai tema dan sub tema pada ketiga level representasi. Kata kunci : Mental Model, Open-Ended Drawing, Larutan elektrolit
ABSTRACT
Chemistry is a discipline that is composed of many concepts and topics that are abstract. It makes the students trouble linking chemistry chemical abstract with the concrete phenomena and real. During the learning process, students will get the mental models of understanding, imagination and initial perceptions of students. Chemistry concept also requires a strengthening students' ability to translate the concept of the three levels of representation. Diagnosis understanding of the use of the Open-Ended Drawing required to determine student understanding in the material electrolyte solution. This material is the basic material in solution concepts in chemistry. The study was conducted aiming to analyze the students' mental models in the material electrolyte solution. The method used is descriptive qualitative approach. Data was collected using an instrument Open-Ended Drawing and semi-structured interviews on the sample of respondents in SMAN 10 BEKASI class X MIA 2. The results showed there were several themes that emerged at each macroscopic level, the symbolic level, and a microscopic level. Then, student have several theme and sub-theme in three level representation.
Key Word: Open Ended Drawing, Mental Model, Larutan Elektrolit
Bibliografi : lembar 117-120
SS00006839 | Sk 6839 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain