Text
Hubungan antara self-efficacy siswa dengan pemahaman konsep materi sistem reproduksi
ABSTRAK
INDRIYA RAHAYU. Hubungan antara Self-efficacy Siswa SMA dengan Pemahaman Konsep Materi Sistem Reproduksi. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. 2015.
Hasil belajar yang dicapai siswa dipengaruhi oleh dua faktor utama yakni faktor internal dan faktor eksternal. Salah satu faktor internal dalam proses pembelajaran yaitu self-efficacy. Siswa yang memiliki self-efficacy memungkinkan siswa memperoleh pengetahuan dan pemahaman atas kemampuan sendiri. Pemahaman konsep akan membantu siswa dalam mencapai kompetensi dasar pada materi sistem reproduksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara self-efficacy siswa SMA dengan pemahaman konsep materi sistem reproduksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 61 Jakarta pada bulan April-Mei 2015. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan teknik korelasional. Sampel penelitian berjumlah 124 siswa yang dipilih secara simple random sampling. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas dengan uji F yang menunjukkan data normal dan homogen. Model regresi yang diperoleh signifikan dan linear. Pengujian hipotesis dengan uji-t pada taraf signifikansi α=0,05 menunjukkan terdapat hubungan yang kuat antara self-efficacy siswa SMA dengan pemahaman konsep materi sistem reproduksi dengan koefisien determinasi sebesar 55%.
Kata Kunci: pemahaman konsep, self-efficacy, sistem reproduksi
Bibliografi : lembar 56-58
SS00006844 | Sk 6844 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain