Text
Hubungan antara persepsi siswa tentang gaya kepemimpinan transformasional guru biologi dengan self-efficacy siswa
ABSTRAK
ZIR ZAHROTUL UMMAH. Hubungan antara Persepsi Siswa tentang Gaya Kepemimpinan Transformasional Guru Biologi dengan Selfefficacy Siswa. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi,Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. 2015.
Gaya kepemimpinan transformasional guru merupakan salah satu tipe kepemimpinan yang kharismatik, mampu memimpin dengan contoh, mendorong pengembangan pribadi, inovatif dan kreatif. Self-efficacy merupakan keyakinan atau kepercayaan individu mengenai kemampuan dirinya untuk mengorganisasi, melakukan suatu tugas, mencapai suatu tujuan, menghasilkan sesuatu dan mengimplementasi tindakan untuk menampilkan kecakapan tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang gaya kepemimpinan transformasional guru biologi dengan self-efficacy siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 13 Jakarta pada bulan Mei-Juni 2015. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif melalui studi korelasional dengan teknik survei. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA dengan sampel sebanyak 106 siswa yang dipilih menggunakan teknik simple random rampling. Hasil pengujian normalitas data dengan uji Kolmogorov Smirnov diperoleh data kedua variabel berdistribusi normal. Hasil pengujian homogenitas dengan uji Bartlett diperoleh data dari kedua variabel homogen. Uji hipotesis menggunakan uji regresi diperoleh bahwa model regresi Ŷ = 53,687 + 0,313X signifikan dan mempunyai hubungan yang linier. Hasil uji Pearson Product Moment diperoleh nilai korelasi sebesar 0,298 yang berarti persepsi siswa tentang gaya kepemimpinan transformasional guru biologi dengan self-efficacy siswa memiliki hubungan yang rendah, dilihat dari dimensi pada gaya kepemimpinan transformasional yaitu dimensi rangsangan intelektual. Perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 8,88% yang artinya sebesar 8,88% persepsi siswa tentang gaya kepemimpinan transformasional guru biologi memberikan kontribusi pada self-efficacy siswa.
Kata kunci: kepemimpinan transformasional, persepsi siswa, self-efficacy.
Bibliografi : lembar 59-61
SS00006845 | Sk 6845 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain