Text
Hubungan antara konsep diri akademik dengan hasil belajar biologi : studi korelasional terhadap siswa di SMA Negeri 75 Jakarta
ABSTRAK
Asma Ashfiya Muti. Hubungan antara Konsep Diri Akademik dengan Hasil Belajar Biologi: Studi Korelasional Terhadap Siswa di SMA Negeri 75 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Biologi. Jurusan Biologi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Uniersitas Negeri Jakarta. 2015.
Hasil belajar dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah konsep diri. Siswa yang memiliki konsep diri akademik yang tinggi memiliki performa akademik yang baik sehingga tercermin pada hasil belajar yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara konsep diri akademik siswa dengan hasil belajar biologi. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 75 Jakarta pada bulan Juni 2015. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan studi korelasional. Sampel yang digunakan untuk penelitian adalah siswa kelas X MIA 1, X MIA 2, dan X MIA 3 dengan teknik cluster random sampling. Sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling. Pengambilan data menggunakan instrumen konsep diri siswa dan tes hasil belajar kognitif. Data diuji prasyarat analisis yaitu dengan uji normalitas dan uji Bartlett. Hasil uji menyatakan bahwa data terdistribusi normal dan homogen. Hasil perhitungan koefisien korelasi (rxy) antara konsep diri akademik dengan hasil belajar biologi siswa sebesar 0,14 pada persamaan 43,26 + 0,22X. Konsep diri memberikan kontribusi sebesar 1,96% terhadap hasil belajar biologi siswa di SMA Negeri 75 Jakarta. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara konsep diri siswa dengan hasil belajar biologi siswa.
Kata Kunci: Hasil belajar biologi, konsep diri akademik, siswa, SMA.
ABSTRACT
Asma Ashfiya Muti. The Relationship between Academic Self-Concept and Biology Learning Outcome: Correlational Study Toward Students in 75 Senior High School.Undergraduate Thesis. Jakarta: Biology Education Program. Department of Biology. Faculty of Mathematics and Natural Science. State University ofJakarta. 2015.
Learning outcome were affected by many factors, one of thus is self-concept. Students with higher academic self-concept have a good performance at school, therefore will show higher leraning outcome. The research aimed to know the relationship between academic self-concept with biology learning outcome. The research was done at 75 Jakarta Senior High School on June 2015. The method used quantitative method with correlational study. Samples were students in X MIA 1, X MIA 2, and X MIA 3 class with cluster random sampling. Samples were decided by simple random sampling. The data was taken by using questionnaire of student self-concept and cognitive test. The prerequisite test by using normality test and Bartlett test. The result showed that the data were normally distributed and homogen. The result of correlation coefficient between academic self-concept showed that rxyis 0,14 on equation 43,26 + 0,22X. Academic self-concept gave contribution as 1,96% on biology learning outcome in 75 Jakarta Senior High School. It can be concluded that there was positive correlation between academic selfconcept and biology learning outcome.
Keywords: Biology learning outcome, academic self-concept, student, Senior High School.
Bibliografi : lembar 41-42
SS00006847 | Sk 6847 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.03.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain