Text
Penerapan metode bermain dalam pengembangan kreativitas anak di TK Suci Al Musyahadah
PENERAPAN METODE BERMAIN DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK DI TK SUCI AL MUSYAHADAH
(Penelitian Tindakan Kelas di TK SUCI AL MUSYAHADAH Rawamangun, Jakarta Timur)
(2015)
Mutia Laxminingrum
ABSTRAK
Pendidikan pada anak usia dini yang terbaik adalah pendidikan dimana proses, pembelajarannya dilakukan dengan cara bermain sambil belajar. Anak mengalami banyak perkembangan yang sangat beragam di masa usia dini, perkembangan itu dapat berupa sosial, emosi, kognitif di dalam mengembangkan semua potensi yang ada itu ada baiknya sebagai guru memliki pengetahuan yang luas terhadap perkembangan anak didiknya. Dizaman sekrang ini banyak bermunculan berbagai macam metode yang menawarkan pengembangan anak dari berbagai sisi hal ini yang menimbulkan bermacam-macam metode ditampilkan pihak sekolah.
Pada penelitian kali ini penulis menjelaskan berbagai macam metode yang dikenalkan di berbagai macamsekolah jika tidak dengan pembelajaran yang menarik maka perkembangan anak tidak akan terjadi sehingga penulis mengambil metode bermain sebagai metode yang paling baik dilakukan didalam pendidikan anak usia dini didalam mengembangkan potensi yang dimiliki anak dalam penelitian ini diambil contoh dengan penelitian metode bermain dalam pengembangan kreatifitas anak.
Hasil dari penelitian didapat bahwa metode bermain yang dalam penelitian menggunakan media lego memberikan dampak yang baik karena berhasil dalam pengembangan kreatifitas siswa.Pada awal hasil data yang di peroleh memang belum menunjukkan terjadi perkembangan atau tidak
vii
didalam proses pembuatannya tapi setelah dilakukan penelitian tindakan terlihat perubahan data yang menghasilkan eksploratif anak dapat mengerjakannya secara mandiri meningkat sehingga meningkatkan kraetifitas siswa.
katakunci: metode bermain,perkembangan, kreatifitas.
Bibliografi : lembar 90-91
SS00007104 | SK 7104 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2015.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain