Text
Pengaruh media tes dan kemampuan spasial terhadap hasil belajar Fisika siswa : eksperimen pada siswa kelas X SMAN 2 Bogor dan SMAN 3 Bogor
PENGARUH MEDIA TES DAN KEMAMPUAN SPASIAL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA (Eksperimen pada Siswa Kelas X SMAN 2 Bogor dan SMAN 3 Bogor)
(2011)
DEDE SAHIDIN
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data empiris apakah ada atau tidak tentang: (a) perbedaan hasil belajar Fisika antara siswa yang diberi media tes animasi dan siswa yang diberi media tes tes tertulis, (b) Hubungan interaksi antara media tes dan kemampuan spasial terhadap hasil belajar Fisika, (c) perbedaan hasil belajar Fisika antara siswa yang diberi media tes animasi dan siswa yang diberi media tes tes tertulis pada siswa yang memiliki kemampuan spasial tinggi, (d) perbedaan hasil belajar Fisika antara siswa yang diberi media tes animasi dan siswa yang diberi media tes tes tertulis pada siswa yang memiliki kemampuan spasial rendah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen treatment by level 2 x 2.
Data dikumpulkan melalui pemberian test kemampuan spasial dan test hasil belajar Fisika (tes animasi dan tes tes tertulis) terhadap responden. Hasil analisis dan interpretasi data diperoleh bahwa: (a) hasil belajar Fisika siswa yang diberi media tes animasi lebih tingi daripada hasil belajar Fisika siswa yang diberi media tes tes tertulis, (b) terdapat interaksi antara media tes dengan kemampuan spasial terhadap hasil belajar Fisika siswa, (c) Hasil belajar Fisika siswa yang diberi media tes animasi lebih tinggi daripada Hasil belajar Fisika siswa yang diberi media tes tes tertulis pada siswa yang memiliki kemampuan spasial tinggi, (d) hasil belajar Fisika siswa yang diberi media tes animasi lebih rendah daripada hasil belajar Fisika siswa yang diberi media tes tes tertulis pada siswa yang memiliki kemampuan spasial rendah.
Temuan ini merokemendasikan untuk menggunakan format buitir soal animasi untuk siswa yang memiliki kemampuan spasial tingi dan menggunakan forma butir soal tes tertulis yang bagus untuk siswa yang memiliki kemampuan spasial rendah. Guru-guru harus meningkatkan kemampuannya dalam membuat soal dan menghindari miskonsepsi konsep-konsep Fisika di dalam soal.
Kata Kunci: media tes animasi, media tes tes tertulis, kemampuan spasial, hasil belajar Fisika.
Bibliografi : lembar 102-105
TM00004261 | TM 4261 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain