Text
Pengaruh model pembelajaran dan bentuk penilaian tes formatif terhadap hasil belajar Matematika siswa SMP di Indramayu : suatu eksperimen di SMPN 1 dan SMPN 4 Sindang Indramayu
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN BENTUK PENILAIAN TES FORMATIF TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP DI INDRAMAYU (Suatu Eksperimen di SMPN 1 dan SMPN 4 Sindang Indramayu) Sri Hartini ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran dan bentuk penilaian tes formatif terhadap hasil belajar matematika siswa SMP di Indramayu. Model pembelajaran mencakup model pembelajaran Jigsaw II dan STAD. Bentuk penilaian tes formatif mencakup bentuk penilaian tes uraian dan proyek. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Sedangkan desain yang digunakan adalah treatment by level 2 x 2. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan analisis varian (ANAVA) dua jalan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) hasil belajar matematika kelompok siswa yang diberi model pembelajaran Jigsaw II lebih tinggi dari hasil belajar matematika kelompok siswa yang diberi model pembelajaran STAD, (2) terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan bentuk penilaian tes formatif, (3) khusus kelompok siswa yang diberi penilaian tes uraian, hasil belajar kelompok siswa yang diberi model pembelajaran Jigsaw II lebih tinggi dari hasil belajar matematika kelompok siswa yang diberi model pembelajaran STAD, dan (4) khusus kelompok siswa yang diberi penilaian proyek, hasil belajar matematika kelompok siswa yang diberi model pembelajaran Jigsaw II lebih rendah dari hasil belajar matematika kelompok siswa yang diberi model pembelajaran STAD. Dengan demikian hasil penelitian ini memberikan implikasi bahwa hasil belajar matematika siswa dapat meningkat pada pemberian model pembelajaran Jigsaw II dan pemberian penilaian tes uraian.
Kata kunci: model pembelajaran, bentuk penilaian, hasil belajar matematika
Bibliografi : lembar 128-130
TM00004262 | TM 4262 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2013.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain