Text
Evaluasi program musyawarah guru mata pelajaran Matematika pada SMP di lingkungan Dinas Pendidikan Nasional Kota Ternate : penerapan model evaluasi CIRO
EVALUASI PROGRAM MUSYAWARAH GURU MATA PELAJARAN (MGMP) MATEMATIKA PADA SMP DI LINGKUNGAN DINAS PENDIDIKAN NASIONAL KTA TERNATE
(Penerapan Evaluasi Program Model CIRO)
Abstrak
Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan mengacu pada model evaluasi CIRO dengan fokus pada evaluasi konteks, masukan, reaksi, dan dampak. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas kegiatan MGMP matematika Kota Ternate. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun 2012. Subjek dalam penelitian ini meliputi peserta, pengurus, instruktur, dan kepala seklah. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, analisisi dokumen dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif dengan memaknai data dari setiap aspek yang dievaluasi. Lalu dibandingkan dengan kriteria yang sudah ditetapkan. Hasil penelitian evaluasi menunjukkan pada aspek konteks yang pada MGMP Matematika dinilai cukup baik yang meliputi kebijakan pemerintah, tujuan dan visi misi. Pada aspek masukan peserta 100% telah berkualifikasi sarjana, minat mengikuti MGMP kategori baik, sarana dan prasarana telah sangat memadai, pembiayaan belum memadai, dan keaktifan kategori baik. Pada aspek reaksi materi kategori baik, kemampuan mengajar kategori baik, sedangkan pemantau pada kategori sedang. Pada aspek dampak, kinerja kmpetensi guru pada kategri baik.
Kata kunci: evaluasi, prgram, MGMP matematika
Bibliografi : lembar 109-112
Tm00004274 | TM 4274 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain