Text
Pengaruh pendekatan pembelajaran dan belief tentang IPA terhadap kemampuan penalaran IPA : eksperimen di SMP Negeri 140 Jakarta Utara
PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN BELIEF TENTANG IPA TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN IPA (Eksperimen di SMP Negeri 140 Jakarta Utara)
NURUL QOMARIYAH AHMAD
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pendekatan pembelajaran dan belief tentang IPA terhadap kemampuan penalaran IPA. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dan desain yang digunakan adalah treatment by level 2 x 2. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan analisis varian (ANAVA) dua jalan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa; (1) kemampuan penalaran IPA pada kelompok siswa yang diberi pendekatan VAK lebih tinggi daripada kemampuan penalaran IPA kelompok siswa yang diberi pendekatan konvensional, (2) terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan belief tentang IPA terhadap kemampuan penalaran IPA, (3) kemampuan penalaran IPA kelompok siswa yang diberi pendekatan VAK lebih tinggi dari kelompok siswa yang diberi pendekatan konvensional untuk kelompok siswa yang memiliki belief tinggi, dan (4) kemampuan penalaran IPA kelompok siswa yang diberi pendekatan VAK lebih rendah dari kelompok siswa yang diberi pendekatan konvensional untuk kelompok siswa yang memiliki belief rendah. Secara teoretis, hasil penelitian ini dapat menjadi masukan bagi guru IPA dan bagi guru mata pelajaran lain pada umumnya untuk menerapkan pendekatan VAK. Secara praktis, penerapan pendekatan VAK lebih efektif untuk meningkatkan penalaran jika diterapkan pada siswa SMP mata pelajaran IPA dan dapat juga untuk jenjang pendidikan serta mata pelajaran lain.
Kata kunci: pendekatan pembelajaran, belief tentang IPA, kemampuan penalaran IPA
Bibliografi : lembar 149-156
TM00004581 | TM 4581 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2013.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain