Text
Evaluasi program penyelenggaraan pesantren ramah anak di MTs Al-Nahdlah Depok : menggunakan pendekatan the discrepancy evaluation model
EVALUASI PROGRAM PENYELENGGARAAN PROGRAM PESANTREN RAMAH ANAK DI MTs AL-NAHDLAH DEPOK (Menggunakan Pendekatan The Discrepancy Evaluation Model)
FATKHU YASIK
ABSTRAK
Penelitian evaluasi ini dilakukan untuk mengetahui penyelenggaraan program Pesantren Ramah Anak (PRA) di Madrasah Tsanawiyah Al-Nahdlah Depok. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui kesesuaian sikap Kiai dengan program PRA, (2) mengetahui kompetensi pendidik tentang konsep program PRA, (3) mengetahui kesesuaian pelaksanaan pembelajaran dengan program PRA, (4) mengetahui kesesuaian sarana dan prasarana dengan program PRA, (5) mengetahui terpenuhinya hak-hak dasar anak dalam proses pendidikan di MTs Al-Nahdlah, dan (6) mengetahui penilaian hasil pembelajaran aspek kognitif, afektif, dan psikomotirik peserta didik MTs Al-Nahdlah. Dalam penelitian ini digunakan metode evaluasi the evaluation discrepancy model yang dikembangkan Malcolm M. Provus yang meliputi beberapa tahap: (1) tahap disain merumuskan standar program, (2) tahap instalasi (input), (3) tahap proses (process), dan (4) tahap produk (output). Penelitian dilakukan menggunakan berbagai teknik pengumpulan data seperti wawancara (interview), pengamatan (observasi), studi dokumen, dan kuesioner/angket. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil analisis data dibandingkan dengan kriteria evaluasi untuk mencari tahu di mana letak kesenjangan (discrepancy) dan kemudian digunakan sebagai dasar untuk mengambil keputusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk tahap disain secara umum komponen program sudah sesuai dengan standar. Hanya pada tahap instalasi (input) dan proses (process) ditemukan kesenjangan (discrepancy) antara standar program dengan kondisi aktual. Sedangkan pada tahap produk (output) diperoleh kesesuain antara standar dengan kondisi aktual di lapangan. Oleh karena itu maka perlu dilakukan perbaikan pada tahap instalasi dan proses.
Kata Kunci: pesantren ramah anak, evaluasi program model the discrepancy evaluation model
Bibliografi : lembar 173-177
TM00004595 | TM 4595 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.07.2013.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain