Text
Evaluasi program pendidikan sistem ganda dalam rangka peningkatan mutu dan relevansi lulusan SMK : studi evaluatif berdasarkan model CIPO pada SMK Negeri 1 program keahlian teknik elektronika industri di Cikarang Selatan, Bekasi
EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN SISTEM GANDA DALAM RANGKA PENINGKATAN
MUTU DAN RELEVANSI LULUSAN SMK (Studi Evaluatif Berdasarkan Model CIPO pada SMK Negeri 1 Program Keahlian Teknik Elektronika Industri di Cikarang Selatan, Bekasi)
ABSTRAK
Program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) merupakan bentuk penyelenggaraan pendidikan keahlian profesional yang memadukan secara sistematis dan sinkron program pendidikan di sekolah dengan penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan belajar langsung di dunia kerja secara terarah untuk mencapai tingkat keahlian tertentu. Penelitian ini adalah penelitian evaluatif dimaksudkan untuk mengetahui akhir dari sebuah program kebijakan dalam rangka menentukan rekomendasi atas kebijakan lalu dengan menggunakan pendekatan model CIPO yang meliputi empat pilar: (1) Context, (2) Input, (3) Process, dan (4) Output. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus (case studies) dengan menerapkan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk membuat penafsiran akurat mengenai karakteristik obyek yang diteliti. Temuan pada evaluasi context menunjukkan bahwa program ini secara umum berjalan dengan baik, namun beberapa aspek optimalisasi pembinaan dan dukungan pembiayaan dari pemerintah daerah perlu ditingkatkan. Dalam evaluasi input, dan evaluasi process beberapa aspek perlu ditingkatkan karena hasil temuan menunjukan lemahnya beberapa aspek tersebut adalah akibat dari kurang optimalnya dukungan pembiayaan dari pemerintah daerah. Menarik dari evaluasi ouput adalah dengan adanya beberapa kelemahan pada komponen input dan process, ternyata temuan evaluasi ouput menunjukkan prestasi aktual masih dapat diraih. Rekomendasi dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas program PSG dapat dilakukan dengan memperbaiki beberapa aspek yang berkategori sedang di tiap-tiap tahapan evaluasi.
Kata kunci: evaluasi program, Pendidikan Sistem Ganda (PSG), model CIPO.
Bibliografi : lembar 169-172
TM00004592 | TM 4592 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain