Text
EFL teachers' practices of reading assessment (a study in public Junior High Schools in North Jakarta)
ABSTRAK
Siti Alfiah Sufyanah. 2015. Praktik Penilaian Membaca Guru Bahasa Inggris(Sebuah Penelitian di SMP Negeri di Jakarta Utara).Skripsi.Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Metode pengajaran yang salah dalam pendidikan di Indonesia dibawa oleh guru yang kurang mampu membuat banyak siswa tidak menyukai pelajaran yang dipelajarinya (Tempo, 2013). Ini dapat dikarenakan kurangnya pemahaman konsep terutama pada penilaian membaca yang mungkin dapat mempengaruhi kualitas praktik penilaian guru di dalam kelas dan pembelajaran siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data tentang praktik penilaian yang dilakukan guru bahasa Inggris di SMP Negeri di Jakarta Utara dan mencari tahu tujuan mereka dalam menggunakan teknik tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian qualitative dengan exploratory descriptive case study sebagai rancangan penelitian. Responden dalam penelitian ini adalah 16 guru bahasa Inggris dan 12 siswa dari 4 SMP Negeri di Jakarta Utara. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan wawancara untuk mengumpulkan data berkaitan dengan tujuan, metode, dan teknik guru, wawancara siswa untu mengklarifikasi jawaban wawancara guru, serta ceklis dokumen untuk mengkonfirmasi teknik yang digunakan oleh guru. Hasil menunjukan bahwa penilaian membaca di dalam kelas tidak dilakukan secara keseluruhan dengan sengaja. Guru hanya menggunakannya untuk menilai penguasaan membaca, mengevaluasi dan melaporkannya pada akhir semester. Guru cenderung menggunakan metode dan teknik yang sama berulang kali selama praktik penilaian membaca di dalam kelas. Metode dan teknik dalam bentuk berbeda muncul di kertas ulangan tengah semester dan akhir semester yang didistribusikan oleh pemerintah local maupun pusat. Dukungan sekolah dan perhatian pemerintah adalah factor yang paling berpengaruh dalam praktik di dalam kelas untuk meningkatkan kesadaran pentingnya penilaian membaca untuk kemajuan pendidikan.
Keywords: Praktik Guru, Penilaian Membaca, Menilai Membaca ABSTRACT
Siti Alfiah Sufyanah. 2015. English Foreign Language Teachers’ Practices of Reading Assessment (A Study at Public Junior High Schools in North Jakarta).Skripsi.Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Indonesia’s education wrong teaching method carried out by less than capable teachers makes many students end up hating the subject (Tempo, 2013). This can be due to their lack of understanding of the concept of particularly reading assessment that may affect the quality of their assessment practices in the classroom and their students’ learning. This study was aimed at obtaining EFL teachers’ practices of reading assessment in Junior High School in North Jakarta area and also finding out teachers’ purpose of each technique they served. The method of this study was qualitative research with exploratory descriptive case study design. The participants of the study were 16 EFL teachers and 12 students in four Junior High Schools in North Jakarta. The instrument were questionnaire and interview to gather the data about teachers’ purpose, methods, and techniques, students’ interview to clarify teachers’ answer on the questionnaire and interview, and document checklist to confirm the techniques used by teachers. The result showed that reading assessment was not totally used in classroom practices consciously. Teachers only used it to assess students’ mastery, to evaluate, and to report the result at the end of the semester. Teachers tend to use same method and technique for many times during the classroom assessment practice. The other types of method and techniques appeared on mid-term and final test paper which were distributed by the local and central government. The schools support and government attention was the most influencing factors in their classroom practice to develop the awareness of the important of reading assessment for educational improvement.
Keywords: Teachers’ Practice, Reading Assessment, Assessing Reading
Bibliografi : lembar 51-53
SS00007179 | SK 7179 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2015.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain