Text
Perbandingan metode mengajar demonstrasi dan metode mengajar bermain terhadap keberhasilan melakukan heading pada peserta didik kelas VIII SMP Islam Raudhatul Jannah Kota Bekasi
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil pengamatan penulis dilapangan,mengenai materi heading. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk Pembelajaran heading dalam permainan sepakboladengan menggunakan gaya mengajar demonstrasi pada siswa kelas VIII smp islam raudhatul jannah. Diharapkan siswa dapat menguasai konsep gerakan heading dengan gaya mengajar demonstrasi. Penelitian ini dilaksanakan di.smp islam raudhatl jannah Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pengambilan data kualitatif dan kuantitatif yaitu kelas VIII dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa,yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan. Penelitian ini melibatkan Guru Pendidikan Jasmani dan Dosen sebagai kolaborator, penelitian dilakukan sebanyak II siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan.
Kegiatan siklus I yang direalisasikan melalui pembelajaran dengan gaya mengajar demonstrasi sebagai berikut: 1) siswa belum paham akan konsep heading bola dalam permainan sepakbola contohnya siswa masih melakukan gerakan heading bola, 2) siswa belum paham cara heading dengan dahidalam permainan sepakbola, 3) siswa belum percaya diri pada saat melakukan gerakanheading bola dalam permainan sepakbola.
Kegiatan siklus II yang direalisasikan melalui pembelajaran dengan gaya mengajar demonstrasi memberikan hasil sebagai berikut: 1) siswa mulai memahami konsep dasar gerakan heading bola dalam permainan futsal, pemahaman ini dapat dilihat dari cara siswa melakukan dan mempelajari gerakanheading bola dengan baik 2) siswa dapat melakukan tahapan-tahapan heading bola dengan baik, 3) motivasi dan percaya diri siswa meningkat pada saat melakukan heading bola dalam pembelajaran.
Hasil penelitian ini adanya proses pembelajaranheading bola dengan gaya mengajar demonstrasi, peningkatan terjadi disetiap pembelajaran yang dimulai dengan observasi awal, siklus I dan diakhiri pada siklus II. Terjadi peningkatan pada aspek psikomotor, siswa telah memahami konsep gerakheading bola . Pada aspek kognitif, pemahaman siswa bertambah seiring dengan proses mengikuti pelajaran, terlihat dari semangat dan antusias siswa mengikuti pembelajaran, kepercayaan diri siswa dalam berinteraksi dengan siswa dan guru, nilai kejujuran, kedisiplinan, kerjasama tanggung jawab dan toleransi antar siswa yang mereka tunjukkan.
This research is motivated by the writer's observations in the field, regarding the heading material. For this reason, this study aims to study headings in the game of football by using the teaching style of demonstration to students of grade VIII in Islam raudhatul jannah. It is expected that students can master the concept of heading movements with demonstration teaching style. This research was carried out in Islam Islam Raudhatl Jannah. The method used was the Classroom Action Research (CAR) method with qualitative and quantitative data collection, namely class VIII with 36 students, consisting of 10 male students and 26 female students. This study involved Physical Education Teachers and Lecturers as collaborators, the study was conducted in two cycles, each cycle consisting of two meetings.
The first cycle activities are realized through learning with demonstration teaching style as follows: 1) students do not yet understand the concept of heading balls in soccer games for example students are still doing the heading ball movements, 2) students do not understand how to headings first in football games, 3) students have not confident when doing soccer ball moves in soccer.
Cycle II activities that are realized through learning with demonstration teaching style give the following results: 1) students begin to understand the basic concepts of the movement of the heading balls in futsal games, this understanding can be seen from the way students do and learn the movements of the ball well 2) students can perform stages the stages of heading the ball well, 3) motivation and confidence of students increases when doing the heading ball in learning.
The results of this study are the learning process of ball teaching with a demonstration teaching style, an increase occurs in each learning that begins with initial observation, cycle I and ends in cycle II. An increase in the psychomotor aspect, students have understood the concept of ball motion. In the cognitive aspect, students 'understanding increases along with the process of following the lessons, it can be seen from the enthusiasm and enthusiasm of students participating in learning, students' confidence in interacting with students and teachers, the value of honesty, discipline, cooperation responsibility and tolerance between students that they show.
Bibliografi : lembar 50-51
SS00006751 | SK 6751 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain