Text
Pengembangan model pembelajaran passing bawah bola voli kelas VII di SMP Negeri 71 Jakarta Pusat
RINGKASAN
AULYA AKBAR. Pengembangan Model Pembelajaran Passing Bawah
Bola Voli pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 71 Jakarta. Skripsi, Jakarta : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Jakarta, Juli 2015.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah pengembangan
model permainan untuk meningkatkan kemampuan passing bawah bola voli melalui bentuk-bentuk permainan baru yang dikembangakan sesuai dengan karakteristik sasaran penelitian yaitu siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama.
Penelitian ini dilakukan di SMPN 71 Jakarta Pusat. Pelaksanaan
penelitian dimulai pada tanggal 6 Mei sampai 3 Juni 2015 dan dilaksanakan sebanyak 4(empat) kali pertemuan, dan metode yang digunakan adalah metode Research and Development. Penelitian ini adalah pengembangan model permainan untuk meningkatkan kemampuan passing bawah bola voli melalui bentuk-bentuk permainan baru yang dikembangkan sesuai dengan karakteristik sasaran penelitian yaitu siswa Sekolah Menengah Pertama yang dikembangkan melalui tahapan model desain penelitian dan pengembangan. Tujuan dalam pembelajaran ini, khusus untuk peneliti adalah siswasiswi
mampu dan memahami sikap dan teknik dasar yang ada pada passing
bawah bola voli. Mulai dari sikap awalan, pandangan, perkenaan dan
gerakan lanjutan lalu kembali ke posisi awal melalui pengembangan
permainan passing bawah bola voli. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilaksanakan pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa permainan yang saat ini dikembangkan yaitu 16 permainan dinilai valid dan reliabel,sehingga pengembangan model pembelajaran melalui permainan yang telah dilakukan dapat meningkatkan kemampuan passing bawah bola voli siswa kelas VII. Bukti adanya peningkatan ini ditunjukkan pada hasil pengujian data
hasil tes awal / pretest tes dan data hasil tek akhir atau postest test untuk siswa kelas VII SMP. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran passing bawah bola voli melalui pengembangan permainan bagus dan baik diterapkan pada siswa kelas VII SMPN 71 Jakarta Pusat.
Bibbliografi : lembar 70-71
SS00006785 | SK 6785 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain