Text
Pembelajaran tari klasik gaya Yogyakarta untuk anak tunagrahita tingkat ringan di Sanggar Surya Kirana Taman Mini Indonesia Indah Jakarta Timur
ABSTRAK
Fitri Utami Putri, 2015 Pembelajaran Tari klasik Gaya Yogyakarta Untuk Anak
Tunagrahita Tingkat Ringan di Sanggar Surya Kirana Taman Mini Indonesia
Indah. Skripsi, Jurusan Seni Tari, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri
Jakarta.
Kajian penelitian memfokuskan pada pembelajaran tari klasik gaya
Yogyakarta untuk anak tunagrahita tingkat ringan. Penelitian bertujuan untuk
mendeskripsikan pembelajaran tari untuk anak tunagrahita tingkat ringan. Hal
tersebut berdasarkan latar belakang fakta bahwa terdapat anak tunagrahita yang
dapat menarikan tari klasik gaya Yogyakarta di Sanggar Surya Kirana, Taman
Mini Indonesia Indah.
Metodologi penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif
yang dilakukan dengan cara menggambarkan secara sistematis dan mendalam
terhadap objek penelitian yaitu pembelajaran tari klasik gaya Yogyakarta untuk
anak tunagrahita. Penelitian dilakukan di Sanggar Surya Kirana, TMII Jakarta
Timur. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, pengamatan lapangan, studi
pustaka,dan studi dokumen.
Pembelajaran tari klasik untuk anak tunagrahita dibagi menjadi
pembelajaran menurut teori belajar behaviorisme Thorndike yang mengatakan
bahwa terdapat 3 tahapan belajar yaitu tahap kesiapan, tahap latihan dan tahap
akibat serta pembelajaran tari klasik berdasarkan wiraga, wirama dan wirasa.
Tahap kesiapan dalam teori Thorndike merupakan kesiapan belajar dari
anak tunagrahita dengan melakukan senam pembentukan pose badan sebelum
masuk kedalam tarian, tahap latihan adalah proses latihan tari yang diberikan di
Sanggar Surya Kirana, serta tahap akibat merupakan hasil akhir dari proses latihan
yang telah dilakukan yaitu dengan terlihatnya perkembangan anak tunagrahita.
Pembelajaran tari klasik berdasarkan wiraga, wirama dan wirasa untuk anak
tunagrahita memerlukan proses yang lama, untuk dapat menarikan dengan wiraga
dan wirama sudah merupakan hal yang baik.
Kata Kunci: Pembelajaran tari klasik, tari klasik gaya Yogyakarta, anak
tunagrahita.Bibliografi : lembar 67-68
SS00007183 | SK 7183 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain