Text
Evektivitas gaya mengajar resiprokal dan program individual terhadap hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas XI SMA 22 Jakarta
Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan mana yang lebih efektif antara gaya mengajar resiprokal dan gaya mengajar berprogram individual terhadap hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas XI SMA Negeri 22 Jakarta.
Penelitian ini dilaksanakan di lapangan olahraga SMA Negeri 22 Jakarta Jl. Kramat Asem Utan Kayu Selatan Jakarta Timur. Penelitian dimulai dari tanggal 20 April 2015 sampai dengan 18 Mei 2015. Penelitian ini dilaksanakan 5 kali pertemuan dengan menggunakan metode eksperimen dengan jumlah sampel 30 siswa. Populasi dari jumlah 6 kelas sebanyak 261 orang. Dilakukan pengambilan sampel dari jumlah populasi, dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Didapatkan sampel yang berjumlah 30 orang yang terbagi menjadi 2 kelompok, 15 orang di kelompok A (gaya mengajar resiprokal) dan 15 orang di kelompok B (gaya mengajar berprogram individual). Sampel kemudian diberikan tes awal passing bawah bola voli, kemudian diberikan perlakuan sebanyak 3 kali pertemuan dan setelah itu diberikan tes akhir passing bawah bola voli.
Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa uji “T” dimulai dengan menghitung nilai t untuk membandingkan dengan t tabel pada taraf signifikan ɑ = 0,05 ,
Data tes awal dan tes akhir hasil passing bawah bola voli kelompok gaya mengajar resiprokal diperoleh Standar Deviasi Mean (SDm) = 0,54 nilai tersebut menjadikan T hitung diperoleh = 5,10. Kemudian hasil perhitungan tersebut diujikan dengan T tabel dengan derajat kebebasan (dk) = (n – 1) pada taraf kepercayaan (ɑ) = 0,05 , (dk) = 15 – 1 = 14 diperoleh nilai T tabel = 2,145. Dengan demikian T-hitung lebih besar dibandingkan T-tabel, (thitung = 5,10 > t-tabel = 2,145). Berdasarkan hasil analisis tersebut maka H0 ditolak dan H1 diterima, maka terjadi peningkatan gaya mengajar resiprokal terhadap hassil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas XI SMA Negeri 22 Jakarta.
Data tes awal dan tes akhir hassil passing bawah bola voli kelompok gaya mengajar berprogram individual diperoleh Standar Deviasi Mean (SDm) = 0,77 nilai tersebut menjadikan T hitung diperoleh = 10,26 . Kemudian hasil perhitungan tersebut diujikan dengan T tabel dengan derajat kebebasan (dk) = (n – 1) pada taraf kepercayaan (ɑ) = 0,05 , (dk) = 15 – 1 = 14 diperoleh nilai T tabel = 2,145. Dengan demikian T-hitung lebih besar dibandingkan Ttabel, (t-hitung = 10,26 > t-tabel = 2,145). Berdasarkan hasil analisis tersebut maka H0 ditolak dan H1 diterima, maka terjadi peningkatan gaya mengajar berprogram individual terhadap hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas XI SMA Negeri 22 Jakarta.
Dengan demikian t hitung > t tabel yang berarti H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa gaya mengajar berprogram individual lebih efektif dari pada gaya mengajar resiprokal terhadap peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas XI SMA Negeri 22 Jakarta.
This study aims to compare which is more effective between reciprocal teaching styles and individual programmatic teaching styles on volleyball passing learning outcomes in class XI students of SMA Negeri 22 Jakarta.
This research was carried out in the sports field of SMA Negeri 22 Jakarta Jl. Kramat Asem Utan Kayu Selatan, East Jakarta. The study began from April 20, 2015 until May 18, 2015. The research was conducted 5 meetings using the experimental method with a sample of 30 students. The population of a total of 6 classes is 261 people. Samples were taken from the total population, using cluster random sampling techniques. A sample of 30 people was divided into 2 groups, 15 in group A (reciprocal teaching style) and 15 people in group B (individually programmed teaching style). The sample is then given a preliminary passing test under volleyball, then given treatment for 3 meetings and after that it is given a final test passing under volleyball.
The data analysis technique used is the "T" test analysis starting with calculating the value of t to compare with t table at a significant level ɑ = 0.05,
Initial test data and final test results under the volleyball under reciprocal teaching style group obtained Standard Deviation Mean (SDm) = 0.54 this value makes T count obtained = 5.10. Then the calculation results are tested with T table with degrees of freedom (dk) = (n - 1) at the level of trust (ɑ) = 0.05, (dk) = 15-1 = 14 obtained value of T table = 2.145. Thus the T-count is greater than the T-table, (t-count = 5.10> t-table = 2.145). Based on the results of the analysis, H0 is rejected and H1 is accepted, then there is an increase in reciprocal teaching styles towards the results of learning to pass under volleyball for class XI students of SMA Negeri 22 Jakarta.
Preliminary test data and final test hassil passing under volleyball individual programmed teaching style groups obtained Standard Deviation Mean (SDm) = 0.77 that value makes T count obtained = 10.26. Then the calculation results are tested with T table with degrees of freedom (dk) = (n - 1) at the level of trust (ɑ) = 0.05, (dk) = 15-1 = 14 obtained value of T table = 2.145. Thus T-count is greater than T-table, (t-count = 10.26> t-table = 2.145). Based on the results of the analysis, H0 is rejected and H1 is accepted, so there is an increase in the teaching style of individual programming of the learning outcomes under volleyball passing to class XI students of SMA Negeri 22 Jakarta.
Thus t arithmetic> T table which means H0 is rejected, so it can be concluded that the individual programmed teaching style is more effective than reciprocal teaching style towards increasing the learning outcomes under volleyball passing to class XI students of SMA Negeri 22 Jakarta
Bibliografi : lembar 58-59
SS00006798 | SK 6798 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain