Text
Pengaruh negative labeling oleh guru terhadap agresivitas anak usia 5-6 tahun : studi ex post facto di kelurahan Gandaria Utara, Jakarta Selatan
PENGARUH NEGATIVE LABELING OLEH GURU TERHADAP AGRESIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN
(Penelitian Ex-Post Facto di Kelurahan Gandaria Utara, Jakarta Selatan)
(2015)
Zudia Irena Putri
ABSTRAK
Zudia Irena Putri. Pengaruh Negative Labeling oleh Guru terhadap Agresivitas Anak Usia 5-6 tahun Penelitian Ex Post Facto di Kelurahan Gandaria Utara, Jakarta Selatan. PG-PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta, 2015. Tujuan Penelitian adalah untuk mendapatkan data empiris mengenai pengaruh negative labeling oleh guru terhadap agresivitas anak usia 5-6 tahun. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling sehingga ditemukan sampel yaitu TK Swadaya Bhakti, TK Permata Kita, TK Wana Jaya, dan TK Permata Al-Ikhlas. Pengumpulan data dilakukan menggunakan menggunakan angket dan time sampling kemudian dianalisis menggunakan Analisis Varian (ANAVA) Satu Jalan dan Uji-t. Hasil pengujian hipotesis menggunakan ANAVA bahwa terdapat perbedaan agresivitas anak pada ketiga kelompok negative labeling. Dilanjutkan dengan Uji-t menunjukkan bahwa semua H0 ditolak, maka Ha diterima. Implikasi penelitian ini adalah negative labeling yang diberikan oleh guru kepada anak dapat memberikan kontribusi yang dapat memicu agresivitas anak terhadap lingkungan sekitarnya, maka peran dan upaya guru serta pengawasan dari orang tua untuk memberikan dukungan yang positif terhadap perilaku anak dapat mengembangkan perilaku positif.
Kata kunci: Negative Labeling, Guru, Agresivitas, Anak Usia 5-6 tahun.
Bibliografi : lembar 99-102
SS00007236 | Sk 7236 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain