Text
Program pelatihan penggunaan aplikasi pembelajaran sains berbasis website sebagai upaya mengoptimalkan pemanfaatan perangkat digital bagi warga belajar paket B kelas VIII : studi eksperimen sederhana di PKBM Negeri 11 Manggarai, Jakarta Selatan
ABSTRAK
Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang optimalnya hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam yang sesuai dengan kurikulum diakibatkan kurangnya media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan hasil belajar melalui kegiatan pelatihan sebagai perlakuan percobaan dengan memanfaatkan potensi yang dimiliki peserta didik dan yaitu menggunakan perangkat digital sebagai media pembelajaran alternatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen sederhana dengan model penelitian kuantitatif yang sifatnya deskriptif analitik dan inferensial. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik Paket B Kelas VIII sebanyak 12 orang dari jumlah populasi 26 orang. Teknik pengambilan sampel yaitu nonprobability sampling dengan metode sampling purposive sampling. Instrument yang digunakan adalah test hasil belajar (Kognitif) yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, angket (afektif), skala penilaian (Psikomotorik), dan daftar checklist untuk pengamatan aktivitas belajar peserta didik dan fasilitator.Dari hasil penelitian diperoleh data nilai rata-rata hasil belajar pada pretest dan posttest yaitu, ranah Kognitif : pretest (16,75) dan posttest (27,33), ranah afektif : pretest (0,00) dan posttest (14,25), dan ranah psikomotorik : pretest (0,00) dan posttest (25,66). Sehingga jika dijumlahkan maka hasil rataratanya adalah pretest (16,75) dan posttest (67,25).Pengujian signifikansi aktivitas dan hasil belajar peserta didik digunakan rumus uji-t dan diketahui bahwa nilai t hitung 25,187, dengan signifikansi 0,00. Kemudian nilai t tabel untuk df 11 (N-1) pada taraf signifikansi 0,05 adalah 2,201. Berdasarkan hasil, t hitung > t tabel (25,187), maka Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu bahwa “terjadi peningkatan hasil belajar pemanfaatan penggunaan aplikasi website sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam melalui pelatihan penggunaan aplikasi sains berbasis website.
Kata Kunci: Pelatihan, Perangkat Digital, Pusat Kegiatan Belajar
Masyarakat, Website
Bibliografi : lembar 100-101
SS00007261 | Sk 7261 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2015.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain