Text
Pembelajaran membaca Al-Qur'an braille permulaan pada anak tunanetra : penelitian deskriftif kualitatif di PSBN Tan Miyat Bekasi
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai pembelajaran membaca Al-Qur’an braille permulaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara yang dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Pembelajaran membaca Al-Qur’an braille permulaan dilakukan dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru tidak membuat perencanaan pembelajaran dalam bentuk tertulis seperti RPP atau PPI. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah, metode hafalan, metode tanya jawab dan metode diskusi dengan pendekatan secara individual dan secara klasikal. Materi yang diajarkan adalah materi khusus dalam membaca Al-Qur’an braille permulaan. Media yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran adalah Al-Qur’an braille, iqro braille, buku pedoman membaca dan menulis Al-Qur’an braille, kertas dan riglet. Pada evaluasi pembelajaran, guru melakukan tes secara lisan dan non-tes yang dinilai dari proses pembelajaran.
Kata kunci : Membaca Al-Qur’an Permulaan, Tunanetra, Deskriptif Kualitatif
Bibliografi : lembar 103-104
SS00007342 | Sk 7342 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain