Text
Peningkatan hasil belajar IPA melalui model cooperative learning tipe Jigsaw pada siswa kelas IV di SDN Cakung Barat 03 Pagi Jakarta Timur
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui model Cooperative Learning tipe Jigsaw pada siswa kelas IV di SDN Cakung Barat 03 Pagi Jakarta Timur. Waktu penelitian dilakukan sejak bulan April sampai dengan bulan Juni 2015. Model penelitian ini yang digunakan pada penelitian ini adalan penelitian tindakan kelas (class action research) model Stephen Kemmis dan Mc. Taggart. Model Cooperative Learning tipe Jigsaw adalah model pembelajaran dengan cara berkelompok, dalam model pembelajaran ini seluruh siswa berperan penting untuk menyampaikan informasi kepada teman dikelompoknya. Hasil penelitian menunjukan data yang diperoleh dari proses pembelajaran dengan model Cooperative Learning tipe Jigsaw. Pada Siklus I mendapat persentase hasil belajar sebanyak 47,22%, kemudian pada siklus II mencapai 91,66%, Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Cooperative Learning tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDN Cakung Barat 03 Pagi.
kata kunci : Hasil belajar siswa IPA kelas IV, model Cooperative Learning tipe Jigsaw
Bibliografi : lembar 100-101
SS00007380 | Sk 7380 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain