Text
Perbedaan burnout berdasarkan Locus Of Control pada guru Sekolah Dasar
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan burnout berdasarkan locus of control pada guru sekolah dasar negeri. Burnout adalah sindrom psikologis yang diakibatkan tekanan dan lingkungan pekerjaan yang tak mendukung serta idealisme yang tak sesuai dengan kenyataan yang berlangsung dari waktu ke waktu yang menyebabkan kelelahan emosional, depersonalisasi dan penurunan pencapaian prestasi pribadi. Locus of control adalah persepsi seseorang terhadap keberhasilan maupun kegagalannya dalam melakukan berbagai kegiatan dalam hidupnya yang disebabkan oleh kendali dirinya atau kendali di luar dirinya. Locus of control pada penelitian ini dibagi menjadi locus of control internal dan eksternal. Penelitian ini bersifat komparatif yaitu membandingkan dua kelompok subjek. Sampel pada penelitian ini berjumlah 306 orang guru sekolah dasar negeri di Kecamatan Duren Sawit. Pemilihan sampel menggunakan teknik probability sampling yaitu simple random sampling. Di mana setiap individu memiliki kesempatan yang sama untuk terpilih sebagai anggota sampel. Uji asumsi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Uji normalitas dilakukan dengan menggunakan One Sample Kolgomorov Smirnov sehingga didapat Asymp. Sig (2-tailed) 0,132 (p>0,05). Uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa kenormalan data terpenuhi, dan data berasal dari sampel yang homogen. Uji perbedaan dua mean (t-test) digunakan untuk mendapatkan niai koefesien(t) sebesar -1,989 dengan taraf signifikasi 0,05 (p
SS00007405 | SK 7405 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain