Text
Studi evaluasi tentang pelaksanaan standar proses pendidikan kesetaraan paket C di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kabupaten Tangerang
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data dan mengetahui informasi mengenai pelaksanaan standar proses pendidikan kesetaraan paket C di SKB Kabupaten Tangerang. peneliti bertindak sebagai orang asing / tidak mempengaruhi kejadian yang ada, peneliti memberikan informasi sesuai dengan data yang diperolehnya di lapangan. sasaran yang dijadikan sebagai sumber informasi adalah penyelenggara program kesetaraan paket C, diantaranya kepala SKB, Pengelola Program paket C, Tutor dan Peserta didik paket C.Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi evaluasi. Model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi kesenjangan Discrepancy Evaluation Model (DEM). Sampel yang digunakan adalah Tutor paket C yang berjumlah 16 orang dan peserta didik paket C yang diwakili pada tiap tingkatannya berjumlah 17 orang. teknik sampling yang digunakan adalh purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, yang menggunakan tiga jenis instrumen diantaranya kuesioner/angket, wawancara dan studi dokumentasi. Aspek yang dievaluasi adalah komponen-komponen dari standar proses pendidikan kesetaraan diantaranya perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian proses pembelajaran dan pengawasan proses pembelajaran. Hasil penelitian menjukan bahwa Perencaan proses pembelajaran memiliki tingkat pencapaian dengan nilai 4 (baik) dengan skor rata-rata sebesar 84, Pelaksanaan proses pembelajaran memiliki tingkat pencapaian dengan nilai 5 (sangat baik) dengan skor rata-rata sebesar 89.5, Penilaian hasil pembelajaran memiliki tingkat pencapaian dengan nilai 4 (baik) dengan skor rata-rata sebesar 81.5, Pengawasan proses pembelajaran memiliki tingkat pencapaian dengan nilai 3 (cukup baik) dengan skor rata-rata sebesar 56.Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah bahwa pelaksanaan standar proses pendidikan kesetaraan pada program paket c di SKB Kabupaten Tangerang sudah dijalankan dengan cukup baik.
kata kunci : Evaluasi, Standar Proses Pendidikan Kesetaraan,
Program Paket C
Bibliografi : lembar 109-110
SS00007409 | SK 7409 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain