Text
Hubungan antara persepsi siswa tentang bimbingan orang tua dengan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD : studi korelasi di kelurahan Warakas Jakarta Utara
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang bimbingan orang tua dengan hasil belajar IPA siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri. Populasi penelitian adalah siswa kelas kelas IV Sekolah Dasar Di Kelurahan Warakas. Sampel berjumlah 60 siswa Sekolah Dasar kelas IV di Sekolah Dasar Negeri tahun ajaran 2014-2015 yang diambil secara cluster random sampling. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pengisisan angket. Analisis data menggunakan statistik korelasi dengan regresi sederhana dengan tahap signifikan α = 0,05. Penelitian ini memberikan hasil sebagai berikut: terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang bimbingan orang tua dengan hasil belajar IPA kelas IV, diperoleh koefisien korelasi r = 0.573 dan persamaan regresi sederhana Ŷ = 2.15 + 0.25X dengan indeks determinasi 32.83%. Berdasarkan hal ini di atas maka implikasi hasil penelitian ini adalah hasil belajar IPA kelas IV sekolah dasar dapat meningkat jika ada bimbingan orang tua.Kata Kunci: Persepsi Siswa tentang Bimbingan Orang Tua, Hasil Belajar IPA
Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri
Bibliografi : lembar 86-87
SS00007392 | Sk 7392 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain