Text
Hubungan perhatian orang tua menurut siswa dengan motivasi belajar IPA siswa kelas IV SDN Kelurahan Pengasinan Bekasi
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan positif antara perhatian orang tua menurut siswa dengan motivasi belajar IPA siswa kelas IV SDN Kelurahan Pengasinan, Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Kelurahan Pengasinan, Bekasi. Pengambilan sampel menggunakan multistage random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Uji normalitas taksiran Y atas X dengan menggunakan uji Lilliefors dan homogenitas menggunakan uji Bartlett. Kemudian dilakukan uji keberartian dan kelinieran regresi. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Ŷ = 25,21 + 0,89X. Uji koefisien korelasi product moment menghasilkan rxy = 0,704 kemudian dilanjutkan dengan uji signifikansi koefisien dengan menggunakan uji-t , hasil yang diperoleh thitung > ttabel. Perhitungan koefisien determinasi menghasilkan rxy2= 0,4956, menunjukkan bahwa 49,56% varians motivasi belajar IPA siswa ditentukan oleh perhatian orang tua menurut siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan positif antara perhatian orang tua menurut siswa dengan motivasi belajar IPA siswa kelas IV SDN Kelurahan Pengasinan, Bekasi. Implikasi dari penelitian ini adalah jika perhatian orang tua menurut siswa tinggi maka motivasi belajar IPA siswa kelas IV akan tinggi. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya pengembangan dan peningkatan perhatian orang tua terhadap motivasi belajar IPA siswa.Kata Kunci: Perhatian orang tua menurut siswa, motivasi belajar IPA siswa
kelas IV SDN
Bibliografi : lembar 101-103
SS00007399 | Sk 7399 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain