Text
Penerapan prinsip-prinsip andragogi dalam proses pembelajaran program pelatihan menjahit di PKBMN 32 Duren Sawit, Jakarta Timur
ABSTRAK
Permasalahan yang terjadi pada PKBMN 32 Duren Sawit adalah kurangnya minat dan motivasi peserta didik. Hal ini berakibat rendahnya kehadiran peserta didik dalam proses pembelajaran tersebut dan berakibatnya rendahnya hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini, yaitu: (1) mendeskripsikan pemahaman tutor mengenai prinsipprinsip pembelajaran orang dewasa (2) Mendeskripsikan penerapan prinsip-prinsip andragogi pada program pelatihan keterampilan menjahit di PKBMN 32 Duren Sawit. Penelitian ini dilaksanakan di PKBMN 32 Duren Sawit . Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara,observasi,dan dokumentasi. Subyek penelitian terdiri dari pengelola 2 orang tutor dan 5 orang warga belajar pelatihan keterampilan menjahit. Analisis yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pemahaman tutor tentang prinsip-prinsip andragogi di PKBMN 32 Duren Sawit masih berdasarkan pemahaman singkat dari pengalaman hidupnya. (2) Penerapan prinsipprinsip andragogi pada program pelatihan keterampilan menjahit di PKBMN 32 Duren Sawit pada umumnya dapat dilaksanakan dengan cukup baik. Kesimpulan dari penelitian ini: (1) Pemahaman tutor tentang prinsip-prinsip andragogi masih berdasarkan pemahaman singkat dari pengalaman hidupnya; (2) penerapan prinsipprinsip pembelajaran pada program pelatihan menjahit yang menonjol terutama pada penetapan materi pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan. Rekomendasinya : (1) Upaya untuk meningkatkan pemahaman tutor terhadap prinsip-prinsip andragogi dapat dilakukan melalui orientasi, mengikuti berbagai bentuk pelatihan khusus seperti pelatihan menjahit dan pelibatan unsur perguruan tinggi khususnya jurusan PLS. (2) Upaya untuk meningkatkan agar hasil belajar warga belajar tercapai secara optimal dapat dilakukan melalui upaya motivasi dan stimulasi belajar bagi warga belajar, proses pembelajaran lebih berorientasi pada praktik kerja dan sistem evaluasi tidak hanya berorientasi pada hasil namun juga pada proses dan dampak belajarnya.
Kata kunci : Andragogy, Proses Pembelajaran, Pelatihan, Menjahit, PKBM
Bibliografi : lembar 78-79
SS00007420 | SK 7420 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2015.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain