Text
Hubungan antara koordinasi dengan kepuasan kerja guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan mengetahui tingkat koordinasi, tingkat kepuasan kerja guru dan ada tidaknya hubungan antara koordinasi dengan kepuasan kerja guru di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi. Variabel yang diteliti adalah koordinasi sebagai variabel bebas (X) dan kepuasan kerja sebagai variabel terkait (Y).
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif yang berbentuk survey. Populasi dalam penelitian ini adalah guru di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi. Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan teknik tersebut, ukuran sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 60 guru dari 378 guru. pengumpulan data untuk Koordinasi (X) dan Kepuasan Kerja (Y) menggunakan angket.
Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi product moment didapat koefisien korelasi (r) = 0,40340 dan uji-t = 3,357 dengan uji satu pihak, dk = 58 serta taraf signifikasi α = 0,05 dari daftar signifikasi diperoleh t(58:0,05) adalah sebesar 2,002. Ini berarti bahwa thitung lebih besar dari ttabel. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa hipotesis yang diajukan dapat diterima, sehingga terdapat hubungan yang positif antara koordinasi dengan kepuasan kerja guru di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Babelan Kabupaten Bekasi. Adapun kontribusi yang diberikan koordinasi terhadap kepuasan kerja guru sebesar 16,27 %.
Kata Kunci: Koordinasi, Kepuasan Kerja
Bibliografi : lembar 93-94
SS00007435 | SK 7435 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2015.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain