Text
Pengaruh penggunaan terapi musik terhadap peningkatan konsentrasi belajar (studi kuasi eksperimen terhadap siswa VII di SMP Negeri 48 Jakarta)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh musik terhadap peningkatan konsentrasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di SMPN 48 Jakarta pada bulan Februari sampai dengan Mei 2015. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Berdasarkan hasil uji validitas dan reliabilitas yang telah digunakan, instrumen ini memiliki 55 item butir pernyataan yang valid dan memiliki koefisien reliabilitas sebesar 0.742.Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan teknik Mann Whitney U Test, diperoleh nilai Asymp. Sig sebesar 0.002 yang berarti nilai probabilitas lebih kecil dari nilai signifikansi α 0.05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yaitu terjadi peningkatan konsentrasi belajar yang signifikan setelah diberikan perlakuan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, terapi musik berpengaruh positif terhadap peningkatan konsentrasi belajar siswa yang memiliki konsentrasi belajar rendah. Terapi musik dapat diterapkan oleh guru bimbingan dan konseling di sekolah sebagai salah salah satu alternatif penanganan untuk menangani siswa yang mengalami masalah rendahnya konsentrasi belajar.
Kata Kunci: Terapi musik, konsentrasi belajar, musik klasik
Bibliografi : lembar 141-143
SS00007440 | SK 7440 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2015.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain